Home > Ragam Berita > Internasional > Lagi, Malaysia Dituding Mengklaim Budaya Indonesia

Lagi, Malaysia Dituding Mengklaim Budaya Indonesia

Jakarta – Pada ajang Miss Grand International yang akan diselenggarakan di Vietnam pada 5 Oktober 2017 mendatang, tim Indonesia yang ikut serta akan menampilkan kostum bertajuk ‘Ibu Pertiwi’.

Pakai Kostum Mirip Kuda Lumping di Ajang Miss Grand International 2017, Ini Kata Malaysia

Namum demikian, ada cerita lain yang sedikit mengganggu dimana Malaysia menggunakan kostum yang diberi nama ‘Kuda Warisan’, yang sekilas mirip sekali dengan kostum yang biasa dipakai oleh seorang penari kuda lumping, kebudayaan asli Indonesia.

Dalam foto dan video yang diunggah oleh akun instagram @lambe_lamis ini memperlihatkan kostum ‘Kuda Warisan’ karya perancang Hana Yaacob.

“Whooopp..Congrats untuk design yang terpilih menjadi National Costume Malaysia di ajang Grand Internasional 2017. Jadi inget sama lagu “Jaranan” ya…,” demikian tulis @lambe_lamis pada keterangan fotonya.

Tentu saja kostum ini mengundang komentar nyinyir dari netizen yang merasa Malaysia sudah sering ‘mencuri’ budaya asli Indonesia yang kemudian diakui sebagai warisan budayanya.

“Gak punya jati diri apa ya??? Kok bisa-bisanya dengan bangga mempublish budaya orang untuk dijadikan tema dalam ajang internasional pulak lagi hadeeeh ckckck miris,” komentar akun @siechaniago.

“Malaysia punya apa sih? Miskin budaya. Bisanya cuma comot punya orang,” tambah @sayurlodeh17

“Apa sih ini malaysia gitu amat..sering banget plagiat#malaysia,” timpal @reinahimah

Namun demikian ada pula netizen yang mencoba berpikir positif karena Malaysia dan Indonesia berasal dari rumpun yang sama sehingga kebudayaannya juga hampir sama.

“Tapi ya guys, kebudayaan indo dan malaysia memang banyak yg menyatu. Kita sama2 melayu, dan dari nenek moyang yg sama. Jadi kalau ada budaya yg serupa jgn langsung menuduh yg buruk2 ya!” jelas @citatolifeisneverflat

“Coba deh googling, emang ada budaya malaysia namanya kuda warisan, kan kita serumpun wajar sih kalo banyak kesamaan,” timpal @elevenblinkini

Terkait hal ini, juru bicara tim Malaysia juga memberikan penjelasan lewat akun Instagram @missgrandmalaysia.

“Kostum Nasional Kuda Warisan. Terinspirasi oleh komunitas Jawa yang berada di negara bagian utara Johor, Malaysia. Pada awal abad ke 20, migrasi masyarakat Jawa melalui kapal dagang Belanda dan Jepang untuk mencari lahan baru membawa serta budayanya termasuk pertunjukan tari unik ini yang dilakukan pada kesempatan yang menyenangkan. Pada tahun 1971, pariwisata kementerian Johor mengakui tarian Kuda Kepang untuk masyarakat Jawa yang berada di Johor sebagai tanda simbolis kesatuan dan keragaman budaya bagi masyarakat Johor. Dengan kemiripan sejarah yang kuat, asal mula warisan budaya Jawa tersebar di negara bagian utara Johor, Perak dan Selangor di Malaysia, dan Singapura,” demikian tulis @missgrandmalaysia
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Mantan Staf Ahok Menampik Tudingan Anies Dibiayai Swasta

Mantan Staf Ahok Menampik Tudingan Anies Dibiayai Swasta

Jakarta – Salah seorang mantan staf yang bekerja untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat masih ...