Home > Gaya Hidup > Ini Cara Mira Lesmana Cegah Kepikunan

Ini Cara Mira Lesmana Cegah Kepikunan

Jakarta – Sutradara kondang Mira Lesmana ikut hadir dalam Konferensi Pers Pekan Alzheimer yang digelar oleh Alzheimer’s Indonesia di Unika Atma Jaya, Jakarta, baru-baru ini. Dalam kesempatan itu, Mira mengatakan bahwa dirinya memiliki hobi bermain Teka-Teki Silang (TTS) dan Sodoku.

Ini Cara Mira Lesmana Cegah Kepikunan

Mira Lesmana

Mira mengatakan bahwa hobi itu ia dapat dari almarhum ibunya. Ia merasa sangat bersyukur bahwa hobinya bermain TTS tersebut memiliki dampak yang positif buat kesehatannya.

“Ibu saya tuh memang suka bermain TTS, bahkan sampai sebelum meninggal belum lama selalu mengingatkan untuk membelikan TTS. Dari situ saya juga hobi main TTS dan Sodoku. Dan setelah tau kalau permainan ini bisa mencegah demensia, alzheimer, saya harus coba sesering mungkin bermain itu, disamping terus berusaha untuk hidup teratur,” kata Mira.

Menurut penelitian, sering melakukan aktivitas yang mengasah kognitif otak seperti menghapal, banyak berinteraksi dengan sosial, atau sekedar bermain permainan mengasah otak adalah cara untuk mencegah demensia alzheimer.

Baca juga : Kulit Pisang Ternyata Bermanfaat Bagi Kecantikan Kulit, Begini Caranya

Demensia alzheimer adalah gangguan fungsi otak yang merusak fungsi kognisi sehingga mempengaruhi ingatan baru, sampai perilaku juka sudah terlalu parah. Penuaan, gaya hidup tidak sehat, kehidupan sosial yang kurang dan genetik merupakan faktor yang bisa memicu demensia alzheimer.

Mira merasa bersyukur memiliki ibu yang berusia panjang dan selalu melakukan aktivitas untuk melatih memori otaknya.

“Ibu saya punya memori yang baik sekali. Selain selalu mengingatkan saya beli TTS, bahkan nomor telepon orang selalu ia coba hapal sendiri tanpa mencatat. Kebiasaan ini yang ingin saya coba lakukan juga supaya tidak terkena demensi,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Jakarta – Selama ini minuman berenergi yang mengandung gula dan kafein sering dikonsumsi karena dipercaya ...