Home > Gaya Hidup > Pria, Jangan Ucapkan Kalimat Ini Saat Wanita PMS

Pria, Jangan Ucapkan Kalimat Ini Saat Wanita PMS

Jakarta – Menstruasi atau haid mengacu kepada pengeluaran secara periodek darah dan sel-sel tubuh dari vagina yang berasal dari dinding rahim wanita. Biasanya menstruasi dimulai saat pubertas dan menandai kemampuan seorang wanita untuk mengandung anak.

Pria, Jangan Ucapkan Kalimat Ini Saat Wanita PMS

Ilustrasi

Siklus wanita bulanan ini biasa disebut dengan PMS (Palang Merah Seminggu). Istilah ini diberikan pada wanita saat menstruasi karena pada saat menstruasi wanita mengalami perubahan hormon sehingga menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Oleh karena itu, sebaiknya pria sedikit waspada apabila bertemu dengan wanita yang sedang menstruasi, terlebih lagi bila wanita tersebut adalah pasangannya sendiri. Hindarilah mengucapkan kalimat berikut ini pada wanita yang sedang menstruasi :

1. “Kamu tambah gemuk, ya?”
Bagi wanita, pertanyaan terkait timbangan alias berat badan tubuh merupakan hal yang paling sensitif. Perubahan hormon yang terjadi saat PMS, terutama hormon esterogen, membuat 20-40% wanita mengalami pembengkakan pada area tubuh tertentu. Misalnya saja seperti pada bagian perut, lengan, paha dan payudara.

Baca juga : Peduli Kanker Serviks, Cegah Lewat Pemeriksaan Teratur

2. “Kenapa sih kok sensitif banget?”
Masalah hormonal yang dialami oleh wanita yang sedang menstruasi dapat mengubah emosi wanita. Perasaan terlalu emosional, misal sedih atau bahagia yang berlebih, dan mudah tersinggung dsebabkan oleh fluktuasi hormonal tersebut. Wanita sudah tahu betul akan hal itu dan sebaiknya pria jangan mengonfirmasi ulang dengan pertanyaan “Kok sensitif banget?”

3. “Wah, kamu jerawatan, ya”
Kombinasi hormon esterogen yang rendah dan hormon androgen yang meningkat, membuat kelenjar minyak wanita berproduksi lebih aktif saat menstruasi. Akibatnya dapat menimbulkan jerawat yang menjamur di beberapa bagian tubuh terlebih di wajah.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Jakarta – Selama ini minuman berenergi yang mengandung gula dan kafein sering dikonsumsi karena dipercaya ...