Home > Ragam Berita > Nasional > Polisi Akhirnya Sukses Bekuk Sindikat Pembuat SIM Palsu

Polisi Akhirnya Sukses Bekuk Sindikat Pembuat SIM Palsu

Medan – Sebuah rumah di Jalan Setia Luhur, Gang Arjuna, Kecamatan Helvetia, Kota Medan, digerebek oleh Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) karena diduga telah dijadikan tempat praktik pemalsuan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Polisi Akhirnya Sukses Bekuk Sindikat Pembuat SIM Palsu

Barang Bukti SIM Palsu

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan bahwa dalam penggerebekan yang dilakukan Ditreskrimum pada hari kamis tanggal 28 September 2017 lalu telah ditemukan jutaan IM bekas yang digunakan untuk pemalsuan pembuatan SIM.

“Ada tiga orang pelaku yang diamankan. Jumlah SIM bekas yang diamankan sangat banyak. Saat ditimbang, beratnya kurang lebih dari satu ton,” kata Paulus di Medan, Sabtu (30/09/2017).

Paulus mengatakan bahwa sebanyak tiga orang pelaku yang sudah diamankan masing-masing berinisial IL alias Bokir yang merupakan warga Jalan Merak, RF selaku oknum polisi berpangkat Bripka yang bertugas di Polda Sumut, dan HP yang merupakan warga Jalan Bakti Luhur. Ketiganya memiliki peran yang berbeda dalam melakukan aksinya.

“Dari pengakuan para pelaku, sebanyak 46 SIM telah beredar di masyarakat, 33 SIM telah siap dan akan diedarkan, serta 100 SIM lagi masih dalam proses pengerjaan,” terangnya.

Baca juga : Polisi Ungkap Pelaku Penembakan Pengemudi Ojek Online di Bandung

Selain barang bukti jutaan SIM bekas, polisi juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti yang lainnya seperti delapan gunting, dua pisau kecil, satu pulpen, satu buku notes kecil yang berisi catatan nama pemesan, serta satu kotak kecil berisikan plastik laminating.

Ada pula satu lembar daftar SIM berikut nomor handphone pemesan, 17 lembar photo copy identitas Kasat Lantas Poltabes Medan yang terdapat tanda tangan, dan satu buah rol besi berukuran 30 cm.

“Saat ini ketiga pelaku masih terus kita mintai keterangannya, ketiganya disangkakan Pasal 264 dan atau 266 KUHP Pidana,” paparnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Anies Minta Pembiayaan Gaji Timnya Dibandingkan Dengan Yang Terdahulu

Anies Minta Pembiayaan Gaji Timnya Dibandingkan Dengan Yang Terdahulu

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin agar wartawan membandingkan keberadaan staf gubernur di ...