Home > Gaya Hidup > Suami Disarankan Mengambil Cuti 1,5 Bulan Usai Istri Melahirkan

Suami Disarankan Mengambil Cuti 1,5 Bulan Usai Istri Melahirkan

Jakarta – Kebijakan yang saat ini berlaku di sebagian besar perusahaan dan skala pemerintah di Indonesia perihal kelahiran bayi cenderung terfokus pada perempuan.

Suami Disarankan Mengambil Cuti 1,5 Bulan Usai Istri Melahirkan

Jika menilik dari Undang-undang Tenaga Kerja disebutkan bahwa pekerja atau buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama satu setengah bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan satu setengah bulan sesudah melahirkan.

Sementara, untuk sang ayah, tidak dijelaskan secara jelas, hak mendapatkan cuti saat istri melahirkan.

Sedangkan menurut riset ilmiah, efek kurangnya keterlibatan antara ayah dan bayi cenderung lebih kuat bagi anak laki-laki daripada anak perempuan, menunjukkan bahwa anak laki-laki lebih rentan terhadap pengaruh ayah mereka sejak usia dini

Sedangkan menurut pimpinan peneliti Ronald Rohner mengamati bahwa pengaruh cinta ayah terhadap perkembangan anak sama besar dan terkadang lebih besar daripada pengaruh cinta ibu.

Anak-anak yang dicintai ayah mereka memperoleh dampak signifikan dalam kehidupannya ketika dewasa. Anak-anak yang ‘ditemani’ kedua orangtuanya kelak cenderung sejahtera, bahagia, dan memiliki kepuasan hidup yang lebih baik.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bernyanyi Ternyata Dapat Meningkatkan Sistem Imun Penderita Kanker

Bernyanyi Ternyata Dapat Meningkatkan Sistem Imun Penderita Kanker

Jakarta – Kegiatan bernyanyi bukan hanya terkait hobi seseorang namun ternyata sangat bagus bagi kesehatan ...