Home > Ragam Berita > Nasional > Sri Sultan Hamengku Buwono X Belum Dapat Kepastian Terkait Pelantikan Gubernur

Sri Sultan Hamengku Buwono X Belum Dapat Kepastian Terkait Pelantikan Gubernur

Bantul – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan hingga saat ini belum mendapat kepastian dari pusat mengenai lokasi dan waktu pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur meski jabatan itu berakhir pada 10 Oktober 2017.

Sri Sultan Hamengku Buwono X Belum Dapat Kepastian Terkait Pelantikan Gubernur

“Sampai sekarang saya belum tahu (pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY), di mana itu nanti terserah Presiden saja,” kata Sultan usai meninjau kondisi jembatan gantung di wilayah Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY, Senin.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY Yoeke Indra Agung Laksana usai mendampingi Gubernur mengatakan, lembaga legislatifnya hingga awal pekan ini belum mendapat kepastian kapan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY.

Namun demikian, kata dia, berdasarkan perkembangan terakhir yang pihaknya terima dari pemerintah pusat melalui Sekretaris Negara (Sesneg) kalau pelantikan pimpinan tertinggi di DIY tersebut akan diupayakan sebelum habis masa jabatan Gubernur.

“Kalau tanggal habis masa jabatan Gubernur itu 10 Oktober, jadi bisa 10 Oktober, bisa sebelumnya karena hindari jangan sampai ada kekosongan. Pastinya tidak tahu, cuma yang saya dengar dari Sesneg itu akan diupayakan tidak ada kekosongan pimpinan,” katanya.

Baca juga: Disdukcapil Karawang Dikabarkan Kekurangan 80 ribu Blanko E-KTP

Sedangkan perkembangan terakhir lokasi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Yoeke juga belum mendapat kepastian dari pemerintah pusat apakah akan berlangsung di Jakarta atau di Yogyakarta, tempat gubernur dan wakil gubernur memimpin nantinya.

“Belum tahu tempatnya, tetapi yang pasti kami minta agar bisa dilakukan (pelantikan) di Yogyakarta, karena kan dulu pernah di Yogyakarta,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Nenek Ini Mengaku Dikirimi Uang dan Beras Tiap Bulan Oleh Ahok

Nenek Ini Mengaku Dikirimi Uang dan Beras Tiap Bulan Oleh Ahok

Jakarta – Kabar mengenai nasib tragis yang dialami Nek Mimi selaku salah satu lansia yang ...