Home > Ragam Berita > Ekonomi > Data, Praktek Korupsi di Negara Mayoritas Muslim Tergolong Parah

Data, Praktek Korupsi di Negara Mayoritas Muslim Tergolong Parah

Jakarta – Lembaga Transparency International mengeluarkan laporan yang mana memperlihatkan 57 negara mayoritas muslim lebih parah korupsinya ketimbang negara Barat atau kafir. Praktik korupsi di negara-negara muslim lebih bersifat endemik atau mewabah.

Data, Praktek Korupsi di Negara Mayoritas Muslim Tergolong Parah

Walaupun memang agama Islam memiliki ajaran luhur seperti salat, puasa, pergi haji, membaca Alquran dan menjalankan sunnah Nabi, namun justru memiliki data paling banyak dalam hal korupsi.

Sedangkan kategori korupsi yang terjadi antara lain penyuapan, pencucian uang, meraih keuntungan lewat nepotisme, mencuri uang rakyat, dan sebagainya. Praktik-praktik itu sangat sering terjadi dilakukan oleh pejabat negara, pengusaha, partai politik, imam atau ulama, hingga rakyat biasa.

Huffington Post mengabarkan beberapa hari lalu bahwa dari 176 negara yang disurvei soal korupsi, sepuluh negara dengan praktik korupsi terburuk terjadi di negara mayoritas muslim seperti Irak, Somalia, Afganistan, Libya, Suriah, dan Yaman.

Nama beberapa negara diatas memang sebagian besar sedang dilanda konflik, namun pada kenyataannya korupsi juga terjadi di negara muslim yang tidak sedang mengalami konflik atau perang. Indonesia, Pakistan, Bangladesh, yang penduduk muslimnya secara total mencakup 30 persen dari umat Islam sedunia, termasuk parah korupsinya.

Mengejutkannya, Indonesia berada di peringkat 90, Pakistan 116, dan Bangladesh 145. Mesir yang dikenal sebagai negara rujukan hukum Islam dengan Al-Azharnya masih lebih korup ketimbang Indonesia, yaitu di peringkat 108. Nigeria, negara muslim di Afrika berada di urutan 136 bersama Libanon dan Kyrgyzstan yang juga mayoritas muslim.

Iran yang menjadikan Islam sebagai bagian dari revolusi sosial dan ekonomi berada di peringkat 131, sementara rival utamanya, Israel ada di urutan 28.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Imbau Jalur Busway Harus Steril

Sandiaga Yakinkan Program Rumah DP Rp 0 Pasti Terealisasi

Jakarta – Pemerintah Provinsi dan DPRD DKI Jakarta tengah menggodok revisi Kebijakan Umum Anggaran dan ...