Home > Ragam Berita > Nasional > Kelompok Usaha Bersama di Banyuwangi Dapat Bandtuan Dana dari Kemensos

Kelompok Usaha Bersama di Banyuwangi Dapat Bandtuan Dana dari Kemensos

Jakarta – Kementerian Sosial memberikan lima paket bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi kelompok nelayan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, senilai total Rp100 juta.

Kelompok Usaha Bersama di Banyuwangi Dapat Bandtuan Dana dari Kemensos

Bantuan itu diserahkan oleh Staf Khusus Menteri Sosial Masud Said kepada kelompok nelayan di tengah perayaan upacara tradisional Petik Laut pada Kamis (5/10/2017).

Sebenarnya, Mensos Khofifah Indar Parawansa menyerahkan sendiri bantuan itu. Namun, karena harus menyertai Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke Cilegon, Banten, maka Khofifah batal hadir.

“Ibu Khofifah selaku Menteri Sosial menyambut baik pengajuan bantuan KUBE dari teman-teman kelompok nelayan Muncar yang kurang mampu untuk digunakan usaha menangkap dan berdagang ikan,” kata Masud.

Diharapkan bantuan ini dapat membantu mereka nelayan yang kurang mampu agar meningkat kesejahteraannya, tambah Masud.

Bac juga: BNPB Bakal Sediakan Lahan di Zona Aman untuk Ternak Pengungsi Gunung Agung

Bantuan KUBE merupakan program bantuan Kementerian Sosial yang memberikan modal senilai Rp20 juta bagi sekelompok orang yang kurang mampu. Kelompok nelayan Muncar rencananya akan menggunakan bantuan itu untuk modal membeli peralatan tangkap ikan dan modal berdagang bagi kelompok para istri nelayan.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Banyuwangi Hasan Basri menjelaskan bahwa upacara Petik Laut merupakan kegiatan rutin tahunan.

“Ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan rezekinya kepada nelayan lewat laut Muncar,” katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Jakarta – Mengaku bernama Ridwan, seorang yang berprofesi sebagai pedagang ini mengadu kepada Anies Baswedan ...