Home > Ragam Berita > Internasional > Demi Senjata Dari AS Ini, Arab Saudi Rogoh Kocek Rp 202,5 Triliun

Demi Senjata Dari AS Ini, Arab Saudi Rogoh Kocek Rp 202,5 Triliun

Washington – Paket sistem pertahanan rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) yang diminati oleh Arab Saudi akhirnya resmi dijual oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Paket persenjataan ini dilepas dengan harga USD15 miliar atau Rp202,5 triliun.

Demi Senjata Dari AS Ini, Arab Saudi Rogoh Kocek Rp 202,5 Triliun

Badan kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon mengumumkan bahwa “Penjualan yang diusulkan akan mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan memperbaiki keamanan sebuah negara yang bersahabat dan tidak akan mengubah keseimbadangan militer sar di wilayah tersebut,”

Salah satu staff dalam institusi ini mengatakan bahwa proses penjualan ini merupakan paket kesepakatan penjualan senjata senilai USD110 miliar dengan Arab Saudi yang diumumkan Presiden Trump ketika lawatan perdananya ke Riyadh pada bulan Mei lalu.

“Penjualan THAAD akan melanjutkan keamanan nasional dan kepentingan kebijakan luar negeri AS dan mendukung keamanan jangka panjang Arab Saudi dan kawasan Teluk dalam menghadapi ancaman regional, Iran dan lainnya,” kata pejabat tersebut yang berbicara dalam kondisi anonim.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Faktor yang Membuat Kecelakaan MRT di Singapura

Inilah Faktor yang Membuat Kecelakaan MRT di Singapura

Singapura – Otoritas Singapura akhirnya mengungkap latar belakang peristiwa tabrakan yang melibatkan dua kereta di ...