Pangandaran – Dikabarkan banjir sejak beberapa hari lalu, hari ini banjir bandang yang menerjang beberapa kawasan di kabupaten Pangandaran, Jawa Barat sudah surut. Beberapa elemen masyarakat terlihat gotong royong membersihkan sisa-sisa banjir.

Banjir Pangandaran Sudah Dinyatakan Surut

Joshua Banjarbahor selaku Koor Humas dan Protokoler Basarnas mengatakan bahwa “Sekarang sudah masuk ke tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, masyarakat dibantu para petugas membersihkan sisa-sisa bekas longsoran dan luapan air,”

Sedangkan Naa Ruhena selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) menyatakan “Kondisi ketinggian air, saat ini di lokasi banjir sudah turun, kondisi aman dan terkendali,”

“Kesiapsiagaan masyarakat terdampak banjir dan longsor terus ditingkatkan dalam rangka mengantisipasi banjir atau longsor susulan dengan mempersiapkan diri seandainya harus mengungsi,” katanya.

Sebelumnya, banjir bandang dan longsor melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Pangandaran. Bencana tersebut menyebabkan empat orang dalam satu keluarga meninggal dunia akibat tertimpa material longsoran. Selain korban jiwa, warga dari ratusan rumah yang terendam banjir harus mengungsi ke tempat aman telah disediakan pemerintah.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)