Home > Gaya Hidup > Tips > Cuka Dan Daun Sage Sebagai Pengganti Deodorant

Cuka Dan Daun Sage Sebagai Pengganti Deodorant

Jakarta – Selalu bermasalah dengan bau badan maupun keringat berlebih? sudah mencoba beberapa deodorant namun tetap tak menemukan perubahan? kali ini kita akan berbagi tips kepada kalian yang memiliki produksi keringat berlebih ataupun punya bau badan yang mengganggu.

Cuka Dan Daun Sage Sebagai Pengganti Deodorant

Bau badan yang mengganggu terjadi ketika bakteri yang ada di kulit mengubah keringat menjadi asam. Akibatnya, muncullah aroma tidak sedap. Hal ini dikenal juga dengan istilah bromhidrosis, osmidrosis, dan ozochrotia.

Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau, tetapi perkembangbiakan bakteri pada keringatlah yang dapat menyebabkan timbulnya bau tidak sedap tersebut. Bau badan tidak sedap ini paling banyak muncul saat usia pubertas.

Selain cara diatas, ternyata ada cara menggunakan bahan alami yang diyakini turun temurun bisa mengurangi bau badan anda :

1. Cuka

Cuka bisa digunakan untuk mengendalikan bau badan tak sedap. Ini lantaran cuka mampu mengubah kadar pH kulit menjadi lebih asam. Kadar pH kulit yang agak asam bisa membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang dapat menimbulkan bau tidak sedap tersebut.

Cuka dapat digunakan melalui beberapa macam cara untuk mengurangi bau badan. Anda dapat menggunakan cuka apel yang dicampur dengan air, kemudian dioleskan pada area ketiak Anda. Cara ini dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada ketiak Anda selama seharian.

Beberapa orang juga ada yang mencoba merendam kaki pada air hangat yang telah dicampur beberapa tetes cuka. Hal ini bisa membantu membunuh bakteri atau jamur di kaki, yang biasanya jadi penyebab kaki bau tidak sedap.

2. Daun sage

Ada tiga manfaat yang Anda dapatkan dengan menggunakan daun sage. Pertama, daun sage dapat mengurangi aktifitas kelenjar keringat sehingga dapat mengurangi produksi keringat berlebih.

Manfaat kedua, daun sage merupakan tanaman anti bakteri yang akan mencegah bakteri berkembang biak pada kulit sehingga menyebabkan bau badan.

Sedangkan manfaat yang ketiga, daun sage memiliki aroma alami yang berfungsi sebagai deodoran. Daun sage menawarkan kandungan aromatik yang dapat tetap menjaga Anda tetap harum sepanjang hari.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Hati-Hati, Kerap Mengunyah Permen Karet Timbulkan Dampak Negatif

Jakarta – Sejumlah orang sangat menggilai aktivitas mengunyah permen karet. Hal tersebut memang bisa menimbulkan ...