Home > Ragam Berita > Nasional > Survei Elektabilitas Capres 2019 Tempatkan Jokowi di Urutan Teratas

Survei Elektabilitas Capres 2019 Tempatkan Jokowi di Urutan Teratas

Jakarta – Hendri Satrio, founder Lembaga Survei KedaiKOPI mengatakan, pihaknya melakukan survei tentang elektabilitas sejumlah tokoh jika pemilu presiden dilakukan hari ini. Hasilnya, sebesar 44,9% responden memilih Jokowi, 48,9% memilih opsi tokoh selain Jokowi, dan sisanya tidak menjawab.

Survei Elektabilitas Capres 2019 Tempatkan Jokowi di Urutan Teratas

Pada opsi jawaban selain Jokowi, responden menyebut nama Prabowo Subianto, Gatot Nurmantyo, Tri Rismaharini, Agus Harimurti Yudhoyono, dan beberapa nama lain. “Hal ini tampaknya juga berpengaruh terhadap pilihan partai politik di 2019.

“Hanya 41,3% responden yang mengaku akan memilih partai politik pengusung Jokowi pada 2019 nanti, 53,5% menjawab tidak akan memilih, sementara sisanya memilih untuk tidak menjawab atau tidak memilih,” bebernya.

Baca juga: Selesai Selesai Menjabat Gubernur, Djarot : Saya Mau Kumpul Sama Keluarga

Menurut Hendri, figur cawapres juga tampaknya akan cukup menentukan pada Pemilu 2019 kelak. Sebanyak 49,9% responden mengaku faktor cawapres berpengaruh dalam memilih presiden, sementara 48,4% menjawab tidak berpengaruh dan sisanya tidak menjawab.

Sebagai cawapres Jokowi pada Pemilu 2019, rakyat masih menempatkan nama M. Jusuf Kalla di tempat teratas, yakni 15,1%. “Prabowo Subianto 13,4%, Gatot Nurmantyo 12%, Susi Pudjiastuti 10,1%, Agus Harimurti Yudhoyono 7,5%, Tito Karnavian 6%, Sri Mulyani 4,8%, Budi Gunawan 0,8%, nama-nama lain 13,8%, dan sisanya menjawab tidak tahu,” sebutnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Novel Ungkap Penyerangan Pada Ketua FPI

Habib Novel Ungkap Penyerangan Pada Ketua FPI

Sukabumi – Ketua FPI Bogor Raya, Habib Hasan bin Alwi Assegaf mendapat musibah ketika dirinya ...