Home > Teknologi > Sains > Ada Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi di Bulan Oktober

Ada Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi di Bulan Oktober

Jakarta – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada tanggal 4 Oktober 2012 lalu telah menemukan sebuat asteroid yang diberi nama 2012 TC4. Berdasarkan penemuan tersebut, NASA memprediksi 2012 TC4 akan bergerak mendekati bumi pada hari kamis tanggal 12 Oktober 2017.

Ada Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi di Bulan Oktober

Ada Asteroid Sebesar Rumah Dekati Bumi di Bulan Oktober

NASA menyatakan bahwa asteroid ini akan berada lebih dekat dengan bumi daripada jarak bulan ke bumi pada tanggal tersebut. Ukuran dari asteroid 2012 TC4 ini hanya sekitar 9-30 meter atau diperkirakan sebesar rumah.

Berdasarkan hasil perhitungan yang ada, asteroid 2012 TC4 nantinya akan berada sekitar 55 ribu kilometer dari permukaan bumi. Padahal jarak antara bulan dan bumi rata-rata 384.400 kilometer. Meski begitu, NASA yakin bahwa asteroid ini tidak akan menabrak bumi.

Baca juga : Usaha Rapper AS Untuk Membuktikan Bahwa Bumi Itu Datar

Asteroid 2012 TC4 pertama kali diobservasi Pan-STARRS di haleakala Observatoru di Pulau Hawaii, Amerika Serikat. Ketika pertama kali menemukan 2012 TC4 pada tahun 2012 lalu, NASA hanya memiliki waktu yang singkat untuk mempelajari asteroid tersebut, hanya berkisar selama tujuh hari.

Nantinya bila asteroid ini sudah bergerak mendekati bumi, NASA akan memiliki kesempatan lagi untuk mempelajari orbit, bentuk, serta ukuran yang sebenarnya. para astronom sendiri sudah benar-benar tahu bahwa 2012 TC4 memanjang dan berputar dengan sangat cepat.

Asteroid ini juga sudah memiliki banyak pengalaman terbang mendekati bumi di masa lalu. Namun pada hari kamis pada tanggal 12 Oktober 2017 nanti akan menjadi penerbangan terdekat asteroid ini dengan bumi.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini akun-akun penyebar kebencian (hate-speech) di media sosial semakin banyak. ...