Home > Olahraga > Balap > Diduga Coba Halangi Overlap, Fernando Alonso Dijatuhi Sanksi

Diduga Coba Halangi Overlap, Fernando Alonso Dijatuhi Sanksi

Suzuka – Pembalap Tim McLaren, Fernando Alonso, akhirnya mendapatkan sanksi setelah diduga menghalangi Lewis Hamilton dan Max Verstappen di persaingan balapan Formula One (F1) 2017 di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Diduga Coba Halangi Overlap, Fernando Alonso Dijatuhi Sanksi

Pelanggaran yang dilakukan pembalap Spanyol itu adalah tidak memberikan jalur kepada Hamilton dan Verstappen yang melakukan overlap di saat keduanya sedang bersaing pada lap terakhir.

Hamilton dan Verstappen terpisah kurang dari satu detik dalam dua putaran tersisa menjelang garis finis. Salah satu yang terjadi adalah Alonso enggan menyingkir dari jalur, saat Hamilton mendekati posisinya.

Begitupun terhadap Verstappen setelah ia membuka jalur untuk Hamilton. Alhasil Pengawas Balapan dan Pemberi Sanksi F1 yakni Stewards memberikan ketegasan. Stewards mengonfirmasi bahwa Alonso tidak mematuhi pertaturan bendera biru dengan benar yang merupakan tanda overlap.

“Alonso telah diberi petunjuk lampu indikator biru di dashboard-nya dan ada lambaian bendera biru antara tikungan 14 dan 15 di lap 51. Dia juga telah menerima cahaya biru yang memberitahukan bahwa pemimpin balapan Lewis Hamilton sudah mendekati dia lebih dari satu lap sebelumnya. Tapi Alonoso baru membiarkan Hamilton lewat di lap 52 tikungan 11,” tulis pernyataan Stewards sebagaimana diberitakan Crash pada Senin (9/10/2017).

“Stewards menyimpulkan bahwa Alonso tidak melakukan ini. Alonso tercatat memiliki kesempatan untuk membiarkan Hamilton lewat sebelum tikungan 11. Stewards mencatat bahwa ada tempat-tempat aman untuk Hamilton lewat yakni di tikungan 2 dan 9,” lanjut kembali.

“Karena itu Stewards akan memberikan teguran (kepada Alonso) dan memberikan penalti dua poin,” tutup pernyataan tersebut. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sauber Akhirnya Beberkan Nama Pembalap untuk Musim Depan

Sauber Akhirnya Beberkan Nama Pembalap untuk Musim Depan

Hinwill – Tim Formula One (F1) asal Swiss, Sauber, kabarnya akan mulai mengumumkan siapa saja ...