Home > Ragam Berita > Nasional > Kabupaten Lembata Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Kabupaten Lembata Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Lembata – Pemerintah Kabupaten Lembata mengatakan bahwa berdasarkan data sementara, ada 40 bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa dalam dua hari terakhir.

Kabupaten Lembata Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Gempa bumi

Bangunan rumah warga yang rusak itu terdiri dari 11 rumah rusak berat dan 29 rumah lainnya rusak ringan, kata Wakil Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday melalui pesan WhatsApp, yang diterima Antara di Kupang, Rabu.

Selain kerusakan bangunan, kata dia, jalan raya sepanjang 2,3 km juga tertutup bebatuan besar, sehingga mengganggu akses ke desa-desa. “Sampai pagi ini, Lembata masih diguncang gempa tektonik. Pagi ini dengan kekuatan 4.9 SR disertai gempa susulan skala kecil. Puluhan bangunan rumah rusak, jalan raya ditutupi runtuhan bebatuan,” tulis Thomas Ola Langoday pada Rabu (11/10/2017).

Dia menambahkan, sebanyak 26 desa di sekeliling Ile Lewotolok terkena dampak gempa ini. Sementara jumlah pengungsi sampai saat ini sebanyak 743 orang terpusat di Rumah Jabatan Bupati lama.

Sebanyak 224 orang dipenampungan keluarga, dan 161 orang di kantor Camat Ilepa. Untuk desa pesisir di Kecamatan Lebatukan termasuk Desa Lamatuka masih terpantau aman.

Baca juga: Badan Geologi Nilai Gunung Agung Tunjukkan Tanda Bakal Meletus

Mengenai pangan dia mengatakan, persediaan pangan dan kebutuhan di pusat penampungan sangat terbatas. Pemerintah Kabupaten Lembata, hanya mengandalkan beras stok dinas sosial.

BMKG Kupang mencatat, sejak Selasa hingga Rabu siang ini, sudah enam kali terjadi gempa cukup kuat menguncang wilayah itu. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tolak Komentari Pelaporan Dirinya Ke Polda Metro Jaya

Anies Tolak Komentari Pelaporan Dirinya Ke Polda Metro Jaya

Jakarta – Viralnya pelaporan yang dilakukan pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penyebutan istilah ...