Home > Ragam Berita > Nasional > Valentino Rossi Jadi Penguasa di Sirkuit Suzuka

Valentino Rossi Jadi Penguasa di Sirkuit Suzuka

Nagoya – MotoGP Jepang akan segera digelar pada Minggu 15 Oktober 2017 di Sirkuit Motegi. Namun, sebelum digelar di sirkuit dengan panjang 4,8 km itu, ajang MotoGP dilaksanakan di Sirkuit Suzuka sejak 1987.

Valentino Rossi Jadi Penguasa di Sirkuit Suzuka

Saat level tertinggi MotoGP masih dipegang kelas 500 cc, Kevin Schwantz, dengan koleksi kemenangan sebanyak empat kali. Memasuki era 2000-an, rider yang menjadi raja di Sirkuit Suzuka adalah Valentino Rossi.

Memulai kariernya di kelas MotoGP pada 2000, The Doctor –julukan Rossi– merasakan kemenangan pertamanya di Jepang pada 2001. Saat itu, berhasil menduduki podium tertinggi meski memulai balapan dari posisi tujuh.

Gelar keduanya di Suzuka diraih Rossi di musim berikutnya. Pada musim tersebut, Rossi melaju dengan konsisten. Maklum saja, pembalap yang saat itu bernaung di Honda memenangkan balapan dengan raihan pole position di kualifikasi.

Kejadian serupa juga terulang pada MotoGP Jepang 2003. Pembalap yang kini berusia 38 tahun itu mampu menjadi juara setelah memulai balapan dari posisi pertama. Namun dominasi Rossi terhenti pada musim berikutnya, 2004, seiring dipindahkannya balapan di Jepang ke Sirkuit Motegi.

Bahkan Rossi baru merasakan podium juara di Motegi pada 2008. Saat itu, Rossi jadi jawara meski memulai balapan dari grid kedua yakni dari posisi empat. Kemenangan Rossi pada 2008 itu juga memutus dominasi Loris Capirossi setelah jadi juara di tiga musim sebelumnya (2005, 2006, dan 2007). (Tita Yanuatari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Mengaku Lakukan Dialog Sebelum Gusur Rumah Warga di Bibir Kali

Anies Mengaku Lakukan Dialog Sebelum Gusur Rumah Warga di Bibir Kali

Jakarta – Anies Baswedan beberapa hari lalu sudah melihat langsung kondisi permukiman warga di Jatipadang. ...