Home > Ragam Berita > Nasional > DPR Minta Kerugian Jemaah Oleh First Travel Tidak Dibebankan Ke Pemerintah

DPR Minta Kerugian Jemaah Oleh First Travel Tidak Dibebankan Ke Pemerintah

Jakarta – Pemilik biro perjalan umrah First Travel tetap harus bertanggung jawab mengganti kerugian jemaah korban umrah yang tidak jadi diberangkatkan.

DPR Minta Kerugian Jemaah Oleh First Travel Tidak Dibebankan Ke Pemerintah

Endang Maria Astuti selaku Anggota Komisi VIII DPR RI menegaskan hal tersebut di sela-sela rapat dengan Otoritas Jasa Keungan (OJK) di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10). Endang menyatakan, masyarakat yang dirugikan dengan First Travel harus cerdas menuntut. Sebaiknya yang dikejar adalah pemilik First Travel, agar tidak lari dari tanggung jawab.

Banyak permintaan dari para korban First Travel ini, salah satunya disampaikan saat beraudensi dengan Komisi VIII. Korban First Travel menuntut pemerintah menalangi kerugian yang diderita para jamaah.

Sistem talangan ganti rugi yang diinginkan jemaah adalah seperti pada kasus lumpur Lapindo. Masyarakat mendapat talangan ganti rugi dari pemerintah. Lalu, pemerintah menyita aset perusahaan yang telah merugikan masyarakat.

“Korban belum mengerti alur hukum, yang penting bagi mereka bagaimana mendapatkan ganti rugi secepatnya. Mereka menuntut tanpa mempertimbangkan bahwa tuntutan itu seharunya ke biro travel. Ketika izin dicabut oleh Kemenag, justru kami khawatir perlindungan hak-hak korban dari biro-biro travel ini tidak ada. Ketika tuntutan kerugian jemaah diganti oleh negara seperti Lapindo justru jadi preseden buruk. Tuntutan selalu ke pemerintah, karena nanti yang diuntungkan adalah biro travel,” tandas politisi Golkar tersebut.

Mengambil uang ganti rugi dari kas negara sebetulnya sama saja dengan mengambil uang rakyat sendiri. “Ini jadi tidak adil. Masyarakat harus cerdas melihat kasusnya,” kata Endang.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anies Tolak Komentari Pelaporan Dirinya Ke Polda Metro Jaya

Anies Tolak Komentari Pelaporan Dirinya Ke Polda Metro Jaya

Jakarta – Viralnya pelaporan yang dilakukan pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penyebutan istilah ...