Home > Ragam Berita > Nasional > Dibanding Gatot, Pengamat Menilai Cak Imin Lebih Layak Digandeng Jokowi

Dibanding Gatot, Pengamat Menilai Cak Imin Lebih Layak Digandeng Jokowi

Jakarta – Seperti yang kerap diberitakan akhir-akhir ini, sejumlah nama mulai meramaikan bursa bakal calon wakil presiden pendamping Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu 2019 mendatang.

Dibanding Gatot, Pengamat Menilai Cak Imin Lebih Layak Digandeng Jokowi

Akan tetapi, analisis berbeda diungkapkan pengamat politik Ray Rangkuti, sosok yang lebih pas ketimbang Gatot ataupun Novanto untuk menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019 adalah Muhaimin. Menurut Ray, politikus yang beken disapa dengan panggulan Cak Imin itu memiliki potensi lebih besar untuk menjadi cawapres bagi Jokowi.

“Dibanding Gatot dan Setya Novanto, Muhaimin memiliki potensi lebih besar untuk mendampingi Jokowi. Mungkin saja Muhaimin maju sebagai cawapres 2019,” kata Ray kepada JawaPos.com, Kamis (12/10).

Lebih lanjut Ray mengatakan, politikus sipil memang punya kans menjadi pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Namun, katanya, ada syarat tentang modal elektabilitas dan punya basis massa di tingkat akar rumput.

“Tokoh yang punya basis suara seperti Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah bisa menjadi contohnya,” imbuh Ray.

Merujuk pada modal elektabilitas dan basis massa, maka Ray menyebut Muhaimin sebagai figur yang punya kans besar. Ray menyebut Muhaimin sebagai ketua umum PKB punya basis massa kuat di kalangan nahdiyin.

“Syarat populer, basis massa yang kuat jadi modal level cawapres untuk sipil dari parpol. Cak Imin sudah memiliki syarat kuat di basis massa Islam dan didukung partai,” ujarnya.

Hanya saja, kata Ray, jalan Muhaimin tentu tak akan mudah. Pasalnya PKB harus bekerja keras untuk mendulang kemenangan pada Pilkada Serentak 2018, khususnya di luar Jawa.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Putra SBY Mengaku Punya Cara Mengatasi Kemiskinan

Putra SBY Mengaku Punya Cara Mengatasi Kemiskinan

Jakarta – Edhie Baskoro Yudhoyono selaku Ketua Fraksi Partai Demokrat kali ini mengklaim bahwa dirinya ...