Home > Ragam Berita > Nasional > Tersangkut Skandal Penggelapan Dana, Uskup asal Indonesia Mundur

Tersangkut Skandal Penggelapan Dana, Uskup asal Indonesia Mundur

Jakarta – Uskup Hubertus Leteng asal Indonesia resmi mengundurkan diri dan hal itu sudah diketahui oleh Paus Fransiskus.

Tersangkut Skandal Penggelapan Dana, Uskup asal Indonesia Mundur

Penyebabnya tak lain adalah skandal yang menjerat Uskup Hubertus. Rekannya sesama pastor melaporkan bahwa Uskup Hubertus memiliki kekasih dan melakukan penggelapan dana gereja hingga US$120 ribu.

BBC mengabarkan bahwa Uskup Hubertus sebelumnya sudah membantah skandal yang dituduhkan kepadanya. Namun dia tak memberi keterangan lebih lanjut hingga kemudian mundur dari jabatan yang cukup tinggi di struktur Gereja Katolik tersebut.

Vatikan juga sedang menyelidiki penyelewengan dana yang diduga dilakukan Uskup Hubertus yang disebut secara diam-diam meminjam uang sebesar US$94 ribu dari Konferensi Uskup Indonesia. Pula dia disebut mengambil uang US$30 ribu tanpa pertanggungjawaban. Uskup tersebut pernah berkelit bahwa uang itu digunakan untuk pemberdayaan orang-orang miskin.

Hingga Juni tahun 2017 ini disebutkan sudah ada 70 pastor yang mengundurkan diri berkaitan dengan adanya penyelidikan yang dilakukan oleh Vatikan di berbagai negara. Mengenai alasan mundurnya Uskup Hubertus tersebut, tidak dijelaskan oleh Vatikan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Novel Ungkap Penyerangan Pada Ketua FPI

Habib Novel Ungkap Penyerangan Pada Ketua FPI

Sukabumi – Ketua FPI Bogor Raya, Habib Hasan bin Alwi Assegaf mendapat musibah ketika dirinya ...