Home > Ragam Berita > Ekonomi > Jack Ma Tidak Lagi Menjadi Orang Terkaya di China

Jack Ma Tidak Lagi Menjadi Orang Terkaya di China

Jakarta – China kini mempunyai orang terkaya baru. Dia adalah Xu Jiayin, pengusaha real estate yang sekaligus sebagai pendiri China Evergrande.

Jack Ma Tidak Lagi Menjadi Orang Terkaya di China

Berdasarkan daftar dari Hurun China Rich List, kekayaan Xu Jiayin kini melonjak menjadi USD 43 miliar.

Dikutip dari CNN Money, Sabtu (14/10/2017), Xu Jiayin menggeser posisi konglomerat real estate dan hiburan Wang Jianlin, yang sebelumnya menjadi orang paling kaya di China. Wang kini bahkan merosot di posisi kelima dengan jumlah kekayaannya yang merosot hingga 30 persen.

Kekayaan Xu memang melonjak sangat luar biasa setahun ini, bahkan kekayaannya dikabarkan naik hingga 272 persen. Hal ini dikarenakan kenaikan harga saham Evergrande hingga 450 persen akibat booming pasar properti di China.

Tidak hanya Xu yang diuntungkan dengan naiknya pasar properti di China. Yang Huiyan, yang merupakan pewaris perusahaan properti Country Garden, juga mengalami lonjakan kekayaan tiga kali lipat menjadi USD 24 miliar dan kini menjadi orang paling kaya keempat di China.

Sedangkan pendiri Alibaba, Jack Ma, turun satu peringkat menjadi yang ketiga setelah kekayaannya turun menjadi USD 30 miliar karena Jack Ma mengurangi kepemilikan sahamnya di anak perusahaan Alibaba, Ant Financial.

Sedangkan di peringkat kedua kini digantikan oleh Pony Ma, pendiri raksasa media Tencent, yang kekayaannya naik 50 persen menjadi USD 37 miliar.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Liburan Seminggu di Australia, Billy Syahputra Bawa Rendang dan Dendeng

Liburan Seminggu di Australia, Billy Syahputra Bawa Rendang dan Dendeng

Jakarta – Aktor dan presenter Billy Syahputra memutuskan untuk mengisi waktu liburannya selepas Idul Fitri ...