Home > Ragam Berita > Nasional > Aksi Pencurian Koper Bagasi Yang Jadi Viral Tidak Terjadi di Indonesia

Aksi Pencurian Koper Bagasi Yang Jadi Viral Tidak Terjadi di Indonesia

Jakarta – Dua hari ini netizen dihebohkan dengan beredarnya video rekaman pencurian koper bagasi milik penumpang pesawat sebuah maskapai.

Aksi Pencurian Koper Bagasi Yang Jadi Viral Tidak Terjadi di Indonesia

Dalam video berdurasi sekitar satu menit itu nampak petugas bagasi yang mengenakan rompi berwarna kuning dan topi sedang mengacak-acak barang bawaan penumpang dengan cara membobol koper yang dititipkan ke dalam bagasi pesawat.

Tidak terdapat keterangan dimana dan kapan peristiwa tersebut terjadi, namun menurut keterangan Kabag Informatika Kemenhub, Bambang Sutrisna, peristiwa tersebut tidak terjadi di Indonesia namun terjadi di Bandara Internasional Phuket, Thailand. Tepatnya di salah satu bagasi pesawat milik Maskapai Penerbangan Singapura, Jetstar Asia.

“Ini bukan di Indonesia, terkait video ini ijin sharing info agar tidak simpang siur, diteruskan laporan Dirut PT AP 2 yang langsung berkomunikasi dengan pihak Maskapai Jetstar,” ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/10/2017).

“Video yang beredar di media sosial mengenai pencurian tas penumpang di bagasi, pesawat terbang itu terjadi di Bandara Internasional Phuket dan merupakan bagian dari pengukuran keamanan kami,” ujar pihak Jetstar Asia.

“Jetstar tidak secara langsung mempekerjakan penanganaan bagasi di Thailand, namun menggunakan pihak ketiga, yang disebut BAGS yang menyediakan layanan untuk berbagai maskapai penerbangan di bandara Phuket,” imbuhnya.

Terkait kasus ini, pihak Jetstar telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan pelakukanya telah berhasil ditangkap.

“Penyidik sudah dikirim untuk mencatat kejadian ini, dan telah mengkoordinasikan operasi ini dengan Kepolisian Pariwisata dan pihak-pihak terkait dalam upaya menghentikan pencurian tersebut,” jelas pihak Jetstar.

“Kami menduga bahwa klip video tersebut dikeluarkan oleh salah satu Anggota Staf Keamanan ISS, yang merupakan agen keamanan outsourcing Jetstar. Polisi telah menangkap pelaku dan dikirim ke kantor polisi,” lanjutnya.

Di lain pihak, Humas Angkasa Pura II Yado Yarismano, menjamin kejadian tersebut tidak akan terjadi di bandara yang berada di wilayah AP II karena pihak AP II telah memperbaiki sistem penanganan bagasi penumpang.

“AP II telah melakukan perbaikan sistem penanganan bagasi penumpang, bahkan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta kami menampilkan secara langsung video penanganan supaya dapat dilihat langsung oleh penumpang,” jelas Yado.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Nek Mimi Mengaku Hanya Diminta Anies Untuk Sabar

Jakarta – Untuk para penghuni Rusun Daan Mogot, pasti tak asing dengan nama Nek Mimi. ...