Home > Gaya Hidup > Kesehatan > Tumor Otak Bisa Diketahui Secara Dini, Ini Gejalanya

Tumor Otak Bisa Diketahui Secara Dini, Ini Gejalanya

Jakarta – Siapa sangka tumor otak ternyata memiliki indikasi yang mudah kita ketahui. Kali ini akan kita bagi info dimana anda harus mulai khawatir jika mengalami pusing yang tak kunjung sembuh, penglihatan kabur dari waktu, serta kerap mual-muntah.

Tumor Otak Bisa Diketahui Secara Dini, Ini Gejalanya

Seorang dokter bedah saraf, dr.Agus C. Anab, SpBS mengatakan bahwa “Kalau pusing jangan diremehkan. Memang ini gejala subjektif. Kurang tidur, misalnya, bisa pusing. Tetapi kalau pusing lebih dari sebulan dan terjadi terutama di pagi hari sebaiknya periksa ke dokter, itu bisa gejala adanya tumor di otak,”

Dokter Agus mencontohkan, kerap mereka yang mengalami mata (penglihatan) kabur, berpikir hal itu disebabkan kelainan kacamata. Atau ada gangguan di saraf mata.

“Saraf punya keterbatasan, ketika sudah tertekan lama (karena tumor misalnya) sulit kembali normal,” kata Agus.

Selain pusing dan penglihatan kabur, gejala lainnya yang menunjukkan seseorang menderita tumor di bagian otaknya, adalah mual, muntah, kejang, hingga melemahnya anggota gerak.

“Ini sebenarnya sudah agak terlambat,” tutur Agus.

Oleh karenanya, kala keluhan pusing dan penglihatan kabur muncul, Agus menyarankan agar segera pergi ke dokter. Dengan demikian bisa dideteksi secara dini apakah ada tumor di bagian otak atau tidak.

Tumor otak menjadi salah satu pembunuh diam-diam di dunia kesehatan. Walau penyebab utamanya belum diketahui secara pasti, namun ada sejumlah faktor risiko yang memungkinkan terjadinya tumor.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Hasil Penelitian : Minuman Berenergi Berakibat Buruk Bagi Jantung dan Kesehatan Mental

Jakarta – Selama ini minuman berenergi yang mengandung gula dan kafein sering dikonsumsi karena dipercaya ...