Home > Ragam Berita > Nasional > Bukan Hanya Anies, Jokowi dan Megawati Juga Pernah Pakai Istilah Pribumi

Bukan Hanya Anies, Jokowi dan Megawati Juga Pernah Pakai Istilah Pribumi

Jakarta – Pidato politik perdana dari Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan, telah menuai kritikan dari beragam kalangan. Pasalnya dalam pidatonya itu, Anies menyebutkan istilah kata ‘pribumi’ dalam kalimat “dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan”.

Bukan Hanya Anies, Jokowi dan Megawati Juga Pernah Pakai Istilah Pribumi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Namun Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid angkat bicara. Ia mengingatkan bahwa penggunaan istilah kata pribumi tidak hanya disebutkan oleh Anies dalam pidatonya kemarin. Presiden Joko Widodo dan juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga pernah menggunakannya.

Jokowi dan Megawati juga pernah berbicara soal pribumi. Namun Hidayat heran mengapa hanya Anies saja yang menjadi bahan persoalan. Tapi sementara Mega dan Jokowi tidak menjadi bahan yang di masalahkan.

Baca juga : Eks Ketum PP Muhammadiyah Berikan Komentar Terkait Pidato Anies Baswedan

“Pertama saya tidak yakin Pak Anies bilang Jakarta milik pribumi ya, tapi apa pun pernyataan pribumi itu juga bukan Anies yang satu-satunya bicara. Pak Jokowi juga bicara pribumi, Bu Mega juga pernah pidato tentang pribumi dalam konten yang positif,” kata Hidayat Nur Wahid di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Hidayat juga mengingatkan bahwa agar jika ada bagian-bagian yang belum move on dari kondisi pulgub DKI Jakarta yang lalu semestinya sekarang sudah berada dalam kondisi yang baru dimana gubernurnya menginginkan rekonsiliasi dan kebersamaan.

“Memang akan lebih bijak kalau kemudian Anies segera menjelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini, sebagaimana juga mungkin Pak Jokowi dan Bu Mega diminta untuk menjelaskan mengapa beliau ngomong tentang pribumi,” jelasnya.
(Muspri-harianindo.com)

x

Check Also

Kapolda Metro Sarankan Reuni Akbar Alumni 212 Tak Digelar di Monas

Kapolda Metro Sarankan Reuni Akbar Alumni 212 Tak Digelar di Monas

Jakarta – Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menghimbau agar pelaksanaan peringatan satu tahun Aksi ...