Home > Ragam Berita > Nasional > Hasil Survei : Elektabilitas Jokowi Tinggi di Jawa Timur

Hasil Survei : Elektabilitas Jokowi Tinggi di Jawa Timur

Surabaya – Lembaga survei The Initiative Institute melakukan survei terkait Pilpres terhadap 1.016 responden di 108 desa/kelurahan di Jawa Timur pada periode tanggal 6-20 September 2017 lalu.

Hasil Survei : Elektabilitas Jokowi Tinggi di Jawa Timur

Dari hasil survei tersebut terungkap, nama Joko Widodo masih menjadi pilihan utama masyarakat Jawa Timur untuk kembali menjabat sebagai Presiden RI.

Yang menarik, nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini masuk ke dalam bursa calon wakil presiden yang dianggap layak mendampingi Jokowi.

Namun demikian, nama Wakil Presiden Jusuf Kalla masih dianggap sebagai yang paling cocok untuk mendampingi Jokowi kembali.

“Pada konteks dukungan cawapres nama Jusuf Kalla (32,2%) masih diinginkan sebagai cawapres disusul Prabowo Subianto (20,3%) muncul karena masyarakat ingin Joko Widodo menggandeng Prabowo sebagai wakilnya,” kata CEO The Initiative Institute, Airlangga Pribadi saat memaparkan hasil survey di ruang Borobudur Hotel Sahid Surabaya, Minggu (22/10/2017).

“Yang menarik Risma. Masyarakat yang kita survei ini mengaku lebih pantas masuk bursa Pilpres 2019,” ungkap Airlangga.

Selain tiga nama di atas, ada pula nama Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang mendapatkan 15,5 persen suara responden. Juga ada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD yang memperoleh 10,6 persen.

Untuk pertanyaan bila Pilpres digelar hari ini, nama Joko Widodo mendapatkan 71,6 persen suara responden, Prabowo Subianto 26,3 persen, sedangkan yang ketiga ada si anak singkong, Chairul Tanjung yang mendapatkan 0,7 persen.

“Selain dua nama capres ada nama Chairul Tanjung karena beliau sebagai sosok pengusaha sukses yang mempunyai popularitas tinggi di lapisan bawah,” tambah dia.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan margin error +/- 3,2 persen
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Ratusan Rumah Vertikal DP 0 Mulai Dibangun Awal Tahun Depan

Ratusan Rumah Vertikal DP 0 Mulai Dibangun Awal Tahun Depan

Jakarta – Yoory C Pinontoan selaku Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya sudah menyatakan bahwa ...