Home > Ragam Berita > Nasional > PVMBG Tegaskan Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Sudah Turun

PVMBG Tegaskan Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Sudah Turun

Karangasem – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan aktivitas kegempaan di Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, menurun signifikan sejak beberapa hari terakhir karena semakin berkurangnya gaya gesek antara magma dengan dinding yang dilewatinya.

PVMBG Tegaskan Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Sudah Turun

“Dengan kata lain, ini mengindikasikan semakin terbukanya celah atau jalur magma menuju ke permukaan,” kata Kepala PVMBG Kasbani di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, Senin (23/10/2017).

PVMBG mencatat jumlah level kegempaan sebelumnya per hari rata-rata berfluktuasi mencapai 500 hingga 1.000 kali. Namun, berdasarkan catatan PVMBG, jumlah gempa pada pemantauan mulai pukul 00.00 hingga 12.00 WITA mencapai 85 kali gempa.

Magnitudo gempa yang terjadi dan terekam di stasiun seismik Gunung Agung selama periode krisis terus dianalisa dan dijumlahkan untuk mengestimasi volume magma yang bergerak.

Hingga saat ini, PVMBG memperkirakan lebih dari 18 juta meter kubik magma bergerak dari kedalaman menuju ke permukaan.

Meski demikian, Kasbani melanjutkan volume tersebut tidak merefleksikan volume total dari magma yang berpotensi dikeluarkan dan jika meletus volumenya dapat lebih besar dari estimasi tersebut.

Sementara itu pada pengamatan hingga pukul 12.00 WITA, asap kawah bertekanan lemah masih teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dengan tinggi 200-400 meter di atas kawah puncak.

Menurut Kepala Sub-Bidang Mitigasi Gunungapi Wilayah Indonesia Timur Devy Kamil hal itu terjadi karena uap magma masih terus mengalirkan panasnya ke permukaan karena ada perbedaan temperatur antara magma dengan sekitarnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Pesan Jokowi Untuk Anies Jelang Asian Games 2018

Ini Pesan Jokowi Untuk Anies Jelang Asian Games 2018

Jakarta – Pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI menghasilkan wejangan atau ...