Home > Ragam Berita > Nasional > Gatot Nurmantyo Tegaskan Belum Memastikan Berangkat ke AS

Gatot Nurmantyo Tegaskan Belum Memastikan Berangkat ke AS

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan bahwa dirinya belum memastikan untuk berangkat ke Amerika Serikat pasca pencabutan larangan masuk oleh pemerintah setempat. Ia berkata, berangkat atau tidaknya dia, tergantung pada perintah Presiden Joko Widodo.

Gatot Nurmantyo Tegaskan Belum Memastikan Berangkat ke AS

“Kalau ditanya kapan saya akan berangkat lagi, karena saya sudah melapor ke Presiden Joko Widodo, saya berangkat hanya atas perintah beliau. Tanpa perintah, saya tidak punya inisiatif apapun,” ujar Gatot saat ditanyai awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa, 24 Oktober 2017.

Gatot sempat dilarang masuk Amerika Serikat saat hendak terbang ke sana pada hari Sabtu pekan lalu. Padahal, dia mendapatkan undangan resmi dari militer AS untuk mendatangi Konferensi Bersama Panglima Angkatan Bersenjata yang digelar di Washington DC, Amerika Serikat pada 23-24 Oktober 2017.

Larangan dari US Custom and Border Protection tersebut sempat menimbulkan kehebohan. Pemerintah Indonesia meminta penjelasan dari pihak AS perihal penolakan tersebut. Belakangan, pihak pemerintah AS mengatakan bahwa ada masalah internal yang berujung pada larangan tersebut.

Baca juga: Pemprov DKI Menangkan Sengketa Lahan MRT di Jalan Fatmawati

Sementara itu, pada Senin (23/10/2017), waktu Indonesia, larangan tersebut telah resmi dicabut. Pemerintah AS serta Chairman of the Joint Chiefs of Staff General Joseph Dunford pun memastikan akan menyambut hangat Gatot di AS apabila bersedia untuk memenuhi undangan lagi. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pilotnya Berkata Rasis, Ini Yang Dilakukan Garuda Indonesia

Pilotnya Berkata Rasis, Ini Yang Dilakukan Garuda Indonesia

Jakarta – Beredar sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang pilot pesawat Garuda dengan nomor penerbangan ...