Home > Ragam Berita > Nasional > Jember Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR

Jember Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR

Jember – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,4 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Selasa pukul 01.35 WIB.

Jember Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan 4,4 SR

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates, Musripan mengatakan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi dengan episenter terletak pada koordinat 9.10 LS dan 113.16 BT atau 119 kilometer Barat Daya Jember pada kedalaman 10 kilometer.

“Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat atau lemah dirasakan warga Kecamatan Gumukmas di Kabupaten Jember hingga Kecamatan Tempursari di Kabupaten Lumajang dalam skala intensitas I Sig-BMKG atau II MMI yang dilaporkan dan dirasakan oleh beberapa orang,” katanya saat dihubungi dari Jember.

Menurut dia, peristiwa gempa bumi berkekuatan 4,4 SR yang terjadi pada pukul 01.35 WIB hingga laporan disusun pada pukul 08.00 WIB belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG, sehingga tidak perlu panik dengan isu-isu yang menyesatkan seperti akan terjadi gempa yang lebih besar,” tuturnya.

Baca juga: Wagub DKI Bakal Libatkan Pihak Swasta Dalam Pembangunan Stadion BMW

Ia mengatakan gempa bumi tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami, sehingga masyarakat di sekitar pesisir pantai tidak perlu terpancing dengan isu-isu yang tidak benar terkait gempa yang mengguncang Kabupaten Jember tersebut.

“Tektonik dan pembangkit gempa bumi ditinjau dari kedalaman hiposenternya menyebutkan bahwa gempa bumi di Jember merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lempeng,”katanya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Tegaskan Tidak Akan Berikan Sel Istimewa untuk Setnov

KPK Tegaskan Tidak Akan Berikan Sel Istimewa untuk Setnov

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi menegaskan tidak mengistimewakan tersangka Setya Novanto di tahanan Klas I ...