Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Baswedan Bakal Siapkan Mekanisme Pengaduan di Setiap Kelurahan

Anies Baswedan Bakal Siapkan Mekanisme Pengaduan di Setiap Kelurahan

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyiapkan mekanisme pengaduan agar masyarakat tidak selalu datang ke balai kota setiap ada masalah.

Anies Baswedan Bakal Siapkan Mekanisme Pengaduan di Setiap Kelurahan

Kebijakan ini dilakukan bukan untuk membatasi warga Jakarta yang ingin mengadu ke kantor gubernur. “Tetapi, agar masalah yang sama tidak perlu berulang sampai ke balai kota,” ujar Anies, Rabu, 25 Oktober 2017.

Anies mengatakan mekanisme pengaduan itu perlu dibuat agar fungsi kelurahan, kecamatan, dan seluruh badan di bawah pemerintahan DKI bisa berfungsi secara optimal. Sehingga tidak semua masalah diadukan ke kantor gubernur.

Kebiasaan masyarakat untuk mengadu ke balai kota dimulai sejak Joko Widodo menjadi gubernur DKI Jakarta pada 2012. Tradisi itu diteruskan oleh penggantinya, Basuki Tjahaja Purnama. Djarot Saiful Hidayat yang menggantikan Basuki, memodifikasi proses pengaduan dengan menyediakan meja di pendopo dan dilayani oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

Baca juga: Inas Nasrullah Zubir Bantah Sebar Fitnah Terhadap Prabowo

Anies Baswedan menilai, mekanisme pengaduan ke balai kota itu tidak efektif dan lebih merepotkan masyarakat. Karena itu perlu ada pola baru yang lebih memudahkan masyarakat untuk mendapat solusi atas masalah yang dihadapi.
“Kami harus siapkan SOP (Standard Operating Procedure) sehingga kelurahan juga berjalan,” kata Anies.

“Sekarang kami kumpulkan jenis-jenis masalahnya, supaya bisa disiapkan SOP-nya,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Ratusan Rumah Vertikal DP 0 Mulai Dibangun Awal Tahun Depan

Ratusan Rumah Vertikal DP 0 Mulai Dibangun Awal Tahun Depan

Jakarta – Yoory C Pinontoan selaku Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya sudah menyatakan bahwa ...