Home > Ragam Berita > Nasional > Sister Kampung, Program Anies-Sandi untuk Tata Permukiman Kumuh

Sister Kampung, Program Anies-Sandi untuk Tata Permukiman Kumuh

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menerapkan program “Sister Kampung” untuk menata permukiman kumuh di Ibu Kota.

Sister Kampung, Program Anies-Sandi untuk Tata Permukiman Kumuh

Konsep sister kampung ini merupakan hasil diskusi Sandi dengan Gubernur DKI Anies Baswedan dalam rapat pimpinan bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Konsep sister kampung ini mirip dengan sister city, yakni kerja sama antar-kota. Bedanya, sister kampung adalah program kerja sama antar-kampung di Jakarta. Program sister kampung, kata Sandi, akan dimulai dari lingkungan RW.

“Pendekatan bagaimana RW-RW itu bisa berkolaborasi dengan daerah-daerah yang jauh lebih mampu, alangkah baiknya kalau kita bisa menggagas, kan biasanya sister city, kalau kita menggagas sister kampung,” ujar Sandi di Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2017).

Baca juga: Novel Baswedan Jalani Pemeriksaan Retina dan Glaukoma

Sandi menjelaskan, RW di permukiman kumuh akan berkolaborasi dengan RW yang sudah maju untuk menata lingkungan mereka. Dengan demikian, RW yang maju itu membantu menata RW yang lingkungannya masih kumuh.

Sandi mencontohkan, RW di Kecamatan Kebayoran Baru yang memiliki pengelolaan sampah yang bagus bisa membantu pengelolaan sampah di RW yang ada di Kecamatan Tambora.

“Jadi daerah-daerah yang sudah maju pengelolaan sampahnya, pengelolaan ekonominya, itu malah bisa mengangkat daerah-daerah yang belum terlalu beruntung,” kata dia. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Jakarta – Mengaku bernama Ridwan, seorang yang berprofesi sebagai pedagang ini mengadu kepada Anies Baswedan ...