Home > Teknologi > Sains > Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Yerusalem – Nama besar ilmuwan Albert Eistein memang tidak asing di telinga seluruh masyarakat dunia, sehingga tidak heran bila peninggalan barang-barangnya laku dengan harga yang sangat mahal.

Ini Dia Catatan Albert Einstein Tentang Hidup Bahagia Yang Laku Terjual Rp 21,1 Miliar

Dalam acara pelelangan di Yerusalem pada Selasa (24/10/2017) lalu, sebuah catatan yang ditulis oleh Einstein kepada seorang kurir di Tokyo laku terjual dengan harga USD 1,56 juta atau sekitar Rp 21,1 miliar.

Harga ini jauh di atas perkiraan penyelenggara lelang yang memperkirakan catatan tersebut hanya laku dengan harga USD 5 ribu hingga USD 8 ribu saja.

Catatan yang dibuat Einstein pada November 1922 lalu di atas secarik kertas milik Imperial Hotel Tokyo itu tertulis, “Kehidupan yang tenang dan sederhana membawa lebih banyak kebahagiaan daripada mengejar kesuksesan yang selalu dipenuhi kegelisahan.”
Pembeli yang enggan dipublikasikan namanya tersebut berasal dari Eropa.

“Saya benar-benar bahagia mengetahui ada orang di luar sana yang masih tertarik dengan ilmu pengetahuan dan sejarah serta hal indah di dunia yang berkembang begitu cepat,” ucap penjual tersebut pada AFP.

Selain itu, ada pula tulisan tangan Einstein yang kedua, laku dengan harga USD 240 ribu atau setara dengan Rp 3,2 miliar. Tulisan tangan tersebut berbunyi “di mana ada kemauan, di sana pasti ada jalan.”

Sedangkan dua buah surat yang ditulis oleh Einstein setahun setelahnya juga berhasil terjual dengan harga USD 33,6 ribu (Rp 456 juta) dan USD 9,6 ribu (Rp 130 juta).

Sebelumnya, pada Juni lalu, surat Einstein tentang Tuhan, Israel dan Fisika terjual dengan harga mencapai US$210 ribu dalam acara pelelangan di Yerusalem.

Dari keterangan penjual, catatan tersebut diberikan Einstein untuk seorang kurir yang menyampaikan pesan untuknya. Sang kurir yang menolak uang tip lantas diberikan sebuah catatan dengan tulisan tangan oleh Einstein.

Pada saat itu Einstein mengatakan kepada kurir tersebut bahwa tulisan itu nantinya akan lebih berarti dari uang tip.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Netizen Diminta Aktif Laporkan Akun Sosmed Penebar Kebencian

Jakarta – Beberapa waktu belakangan ini akun-akun penyebar kebencian (hate-speech) di media sosial semakin banyak. ...