Home > Ragam Berita > Nasional > KPK Jadwalkan Pemeriksaan Eks Dirut Pelindo III

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Eks Dirut Pelindo III

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa mantan Direktur Utama PT Pelindo III Orias Petrus Moedak dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan “Quay Container Crane” (QCC) di Pelindo II.

KPK Jadwalkan Pemeriksaan Eks Dirut Pelindo III

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Richard Joost (RJ) Lino,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta pada Jumat (27/10/2017).

Dalam penyidikan kasus itu, KPK tengah mendalami proses dan mekanisme pengadaan QCC di PT Pelindo II dalam penyidikan dengan tersangka RJ Lino. “KPK masih terus melakukan penyidikan kasus ini. Sampai sekarang sekitar 60 saksi telah diperiksa yang terdiri dari unsur pejabat dan staf Pelindo II, pejabat Kementerian BUMN dan swasta,” kata Febri.

Menurut dia, secara paralel proses penghitungan kerugian negara dalam pengadaan QCC itu juga masih berlangsung. “Penyidik berkoordinasi dengan BPKP dan juga melibatkan para ahli di bidang teknik yang relevan dengan proyek QCC tersebut,” ucap Febri.

Baca juga: Sandiaga Uno Lakukan Pertemuan dengan Menaker, Apa Saja yang Dibahas ?

Pada Kamis (5/10/2017) KPK juga telah memeriksa mantan Direktur Teknik dan Operasional PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Ferialdy Noerlan sebagai saksi untuk tersangka RJ Lino. Namun, setelah diperiksa KPK, Ferialdy enggan memberikan komentar banyak soal materi pemeriksaannya kali ini.

Saat ditanya materi pemeriksaan terkait proyek pengadaan QCC, ia pun membantahnya. “Enggak, sama saja, saya lengkapi saja,” kata dia.

Dia mengatakan terdapat tujuh pertanyaan yang diberikan penyidik terkait pemeriksaannya kali ini. Ferialdy Noerlan juga telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengadaan “mobile crane” oleh Bareskrim Polri pada 2013. (Tita Rahma – satupedia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ketua Attholibiyah Tegal Menampik Tudingan Sekolahnya Ajarkan Paham Radikal

Ketua Attholibiyah Tegal Menampik Tudingan Sekolahnya Ajarkan Paham Radikal

Jakarta – Rumor yang mengatakan bahwa SMK Attholibiyah mengajarkan radikalisme dan kekerasan, langsung disanggah oleh ...