Home > Teknologi > Internet > Pengguna WhatsApp Kini Bisa Menghapus Pesan Yang Terlanjur Dikirim

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Menghapus Pesan Yang Terlanjur Dikirim

Jakarta – Pengembang aplikasi Whatsapp akhirnya merilis fitur baru yang telah dikembangkan sejak 2016 lalu dimana pengguna dapat menghapus kembali pesan yang telah dikirim, baik antar pribadi maupun dalam grup.

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Menghapus Pesan Yang Terlanjur Dikirim

“Fitur ini berguna ketika Anda mengirim pesan ke orang yang salah atau ketika isi pesan itu sendiri salah,” begitu yang tertera pada frequently ask question di situs resmi WhatsApp, Minggu (29/10/2017).

Bila Anda menghapus pesan yang telah terkirim, maka penerima tidak bisa melihat pesan itu, namun akan ada notifikasi yang memberitahukan “this message was deleted” atau “pesan ini telah dihapus”.

Namun demikian, fitur penghapus pesan ini hanya dapat dilakukan untuk pesan yang belum tujuh menit terkirim. Untuk pesan yang telah dikirim lebih lama dari itu maka tidak dapat terhapus.

Langkah pertama, Anda harus memastikan aplikasi WhatApp Anda telah diupdate. Caranya, update aplikasi di Google Play Store, Apple App Store, atau Windows Store.

Jika update belum tersedia, artinya Anda belum bisa mencobanya. Jika sudah update dan belum juga bisa memanfaatkan fitur ini, artinya Anda harus bersabar hingga beberapa waktu mendatang.

Setelah update WhatsApp, Anda bisa mencoba dengan mengirimkan pesan lewat grup atau antar pribadi. Setelah terkirim, tekan agak lama pesan tersebut lalu pilih tanda tong sampah pada WhatsApp. WhatsApp lalu akan memberikan pilihan untuk “delete for everyone” (hapus untuk semua orang) atau “delete for me” (hapus untuk saya).

Bila Anda memilih “delete for everyone”, maka WhatsApp akan menarik pesan yang terlanjur Anda kirim itu sehingga tak perlu dibaca sang penerima. Namun jika ternyata penerima sudah terlanjur membacanya, setidaknya ia tidak bisa menyimpan pesan tersebut karena telah terhapus pada chat history.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Simak, Cara Melaporkan Akun Pengganggu di Facebook

Simak, Cara Melaporkan Akun Pengganggu di Facebook

Jakarta – Media sosial yang masih paling digemari adalah Facebook. Tujuan orang bermedia sosial dengan ...