Home > Ragam Berita > Nasional > Mendagri Imbau Program Pemerintah Harus Terlaksana di Ibu Kota

Mendagri Imbau Program Pemerintah Harus Terlaksana di Ibu Kota

Jakarta – Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo menekankan, program-program pemerintah pusat harus terlaksana di Ibu Kota.

Mendagri Imbau Program Pemerintah Harus Terlaksana di Ibu Kota

Karena itu, DPRD DKI Jakarta harus menjalankan fungsinya yaitu melakukan kontrol atas pelaksanaan kerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno sehingga sejalan dengan visi dan misi pemerintah.

Hal itu disampaikan Tjahjo menanggapi belum digelarnya sidang paripurna istimewa oleh DPRD DKI Jakarta setelah dua minggu Anies-Sandi menjabat.

“DPRD harus awasi janji kampanye gubernur dan wakil gubernur, dan tidak menyimpang dari visi misi pemerintah pusat, bahwa program Pak Jokowi harus terjamin di Jakarta,” ujar Tjahjo, di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Tjahjo mengingatkan bahwa hubungan pemerintah daerah dengan DPRD adalah mitra. Oleh karena itu, Tjahjo berharap persoalan sidang paripurna istimewa tak merusak hubungan keduanya.

Baca juga: Inilah Alasan Anies Tidak Lagi Memperpanjang Izin Alexis

“Terpenting apapun DPRD itu mitra satu paket dengan pemerintah daerah, menyusun anggaran, pengawasan, fungsi kontrol,” kata dia.

Selebihnya, Kemendagri menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD DKI Jakarta. “Ya kami sudah mengimbau. Kalau ternyata ada aturan di DKI yang tidak harus (Sidang Paripurna) ya sudah. Semua kami serahkan ke Jakarta,” kata Tjahjo.

“Kami hanya bisa mengimbau, enggak bisa memaksa. Karena tata tertib di daerahnya berbeda,” tambahnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Tak Melarang Pungutan RT/RW Ke Warga

Sandiaga Uno Tak Melarang Pungutan RT/RW Ke Warga

Jakarta – Media sosial dikejutkan dengan beredarnya surat pungutan sebesar Rp 100.000 per rumah di ...