Home > Unik > Aneh > Simak, Mengenal Mecin Yang Sering Dikaitkan Dengan Kebodohan

Simak, Mengenal Mecin Yang Sering Dikaitkan Dengan Kebodohan

Jakarta – Masyarakat sering menganggap penyedap rasa MSG, atau yang sering disebut dengan mecin adalah zat yang berbahaya bagi tubuh. Bahkan ada anggapan bahwa kebanyakan mengonsumsi mecin bisa menyebabkan kebodohan.

Simak, Mengenal Mecin Yang Sering Dikaitkan Dengan Kebodohan

Akan tetapi, beragam mitos tentang MSG tidaklah memiliki bukti ilmiah yang kuat. Badan pengawas makanan seperti US Food and Drug Administration menggolongkan MSG sebagai bahan yang aman dikonsumsi pada makanan sehari-hari.

Dikutip dari BBC.com, MSG memang diakui sebagai bahan yang memberikan rasa gurih pada makanan. Efek negatif MSG muncul pada orang yang memiliki alergi tertentu seperti orang yang mempunyai alergi bulu, debu dan lain-lain.

MSG, yang kepanjangannya adalah monosodium glutamat adalah garam natrium dari asam glutamat. Glutamat termasuk dalam kelompok asam amino non esensial penyusun protein yang terdapat juga dalam bahan makanan lain seperti daging, susu, keju, ASI, sayuran dan sebagainya.

Zat ini pertama kali ditemukan oleh Profesor Jepang yang bernama Ikeda Kikunae dari Univertisas Tokyo pada tahun 1908. Zat ini terbentuk dari asam glutamat, salah satu yang terbaik dalam memberikan rasa gurih atau umami dalam bahasa Jepang, serta garam yang paling stabil.

Dalam perkembangannya umami diakui sebagai rasa dasar kelima selain manis, asin, asam dan pahit. Zat ini ditemukan setelah Ikeda berhasil memisahkan glutamat sebagai sumber umami dari rumput laut konbu yang digunakan sebagai bahan pembuat dashi atau kaldu Jepang.

Natrium ditambahkan untuk bisa distabilkan menjadi garam bubuk dan ditambahkan kedalam masakan sehingga menghasilkan monosodium glutamat.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Usia Masih 21 Tahun, Gadis Ini Suka Pamer Aurat di Instagram

Usia Masih 21 Tahun, Gadis Ini Suka Pamer Aurat di Instagram

Jakarta – Seorang cewek asal Belanda bernama Sterre menguncangkan dunia maya lantaran dirinya memiliki hobi ...