Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo merotasi perwira tinggi di lingkungan TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. “Ini wajar karena banyak yang pensiun, harus segera dilakukan,” ujar Panglima TNI kepada Tempo setelah meresmikan rehabilitasi rumah atau barak di Yonkav 7/ Sersus Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (31/10/2017).

Gatot Nurmantyo Lakukan Perombakan Perwira Tinggi di Lingkup TNI-AD

Gatot mengatakan salah satu yang harus diisi adalah jabatan Wakil Kepala Staf TNI AD. Posisi itu sebelumnya dijabat Letnan Jenderal Hinsa Siburian yang akan memasuki masa pensiun. Begitu pun dengan Kepala Pusat Penerangan TNI AD Mayjen Wuryanto. “Wuryanto punya gawe juga hari-hari terakhir (ini),” ujar Gatot.

Wuryanto akan menggantikan Mayjen TNI Tatang Sulaiman yang menjabat Panglima Kodam Diponegoro. “Yaa bukan tukeran, tapi tuker tambah,” ujar Panglima Gatot berkelakar.

Namun, Gatot menolak menyebut jumlah perwira tinggi yang akan dimutasi. “Saya tidak menghitung jumlahnya.” Ia juga menolak menyebut nama-nama lainnya yang akan dimutasi.

Baca juga: Anies-Sandi Dituntut Mengesahkan UMP DKI Sebesar Rp 4 juta

Selain Hinsa Siburian dan Wuryanto, beredar tiga nama perwira tinggi lainnya yang akan dirotasi Panglima TNI. Nama-nama itu beredar di media perpesanan. Nama-nama itu adalah Brigjen TNI M. Sabrar Fadhilah yang akan menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menjadi Pangdam III/Siliwangi.

Doni menggantikan Mayjen M. Herindra yang ditunjuk menjadi Perwira Panglima TNI. Komandan Pusat Penerbangan AD Mayjen TNI Suko Pranoto menjadi Pangdam XVI/ Pattimura, menggantikan Doni. Namun, nama-nama itu belum mendapat konfirmasi dari TNI. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)