Home > Ragam Berita > Nasional > Survey, Mayoritas Pemilih Jokowi Berpendidikan Rendah

Survey, Mayoritas Pemilih Jokowi Berpendidikan Rendah

Jakarta – Menjelang Pemilihan Presiden 2019 mendatang, sejumlah lembaga survei telah melakukan beberapa survei terkait calon presiden yang bernama Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Survey kali ini dilakukan oleh Populi Center.

Survey, Mayoritas Pemilih Jokowi Berpendidikan Rendah

Survey, Mayoritas Pemilih Jokowi Berpendidikan Rendah

Populi Center telah melakukan survei latar belakang pendidikan para pemilih di Pemilu 2019 mendatang. Hasilnya para responden yang tidak pernah sekolah justru memilih Jokowi dengan hasil yang diperoleh sebesar 60.7 persen sedangkan Prabowo sebanyak 14,3 persen.

Berdasarkan data yang sudah berhasil dikumpulkan, responden dengan kategori tidak tamat SD memilih Jokowi sebanyak 61,5 persen sedangkan Prabowo sebanyak 30,2 persen. Kemudian untuk kategori tamatan SD yang memilih Jokowi sebanyak 62,8 persen dan Prabowo sebanyak 23,6 persen.

Baca juga : Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Tidak Tertandingi Calon Lain

Latar belakang tamat SLTP yang memilih Jokowi sebanyak 59,4 persen dan memilih Prabowo sebanyak 30,5 persen. Selanjutnya untuk kategori tamatan SLTA yang memilih Jokowi sebesar 52 persen dan memilih Prabowo sebesar 37,6 persen.

Survey, Mayoritas Pemilih Jokowi Berpendidikan Rendah

Hasil survey Populi Center

Tamat akademi atau diploma yang memilih Jokowi sebanyak 62,9 perse dan yang memilih Prabowo sebanyak 37,1 persen. Selanjutnya untuk kategori tamatan S1 atau lebih tinggi, pemilih Jokowi sebanyak 42,6 persen dan yang memilih Prabowo sebanyak 44,3 persen.

“Basis massa Jokowi paling banyak masyarakat tamat akademi diploma, sementara basis pemilih Prabowo adalah tamat S1 lebih tinggi, tapi temuan sifatnya indikatif,” kata Nova Evita yang merupakan salah satu Peneliti Populi Center Jakarta, Kamis (02/11/2017).
(Muspri-www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Tegaskan Tidak Pernah Lupa Kontrak Politiknya

Anies Tegaskan Tidak Pernah Lupa Kontrak Politiknya

Jakarta – Gubernur Jakarta Anies Baswedan klaim masih ingat dengan kontrak politik yang pernah ditandatangani ...