Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Foto Hoax Jokowi Sedang Menyantap Babi Panggang

Beredar Foto Hoax Jokowi Sedang Menyantap Babi Panggang

Jakarta – Sebuah akun facebook bernama Andre Sopyan, melakukan tindak seronok dengan mengunggah gambar oldig (Olah Digital) Presiden Jokowi yang sedang makan sate babi.

Beredar Foto Hoax Jokowi Sedang Menyantap Babi Panggang

Foto Hasil Olah Digital yang Diunggah oleh Akun BOT

 

Sebab, akun yang diduga bot itu kemarin (1/11) mengunggah foto hasil olah digital (oldig) yang memfitnah Presiden Joko Widodo. Dalam foto rekayasa tersebut, Jokowi digambarkan sedang makan babi.

Jika diperhatikan lebih lanjut, foto tersebut terlihat sebagai gabungan dari dua foto berbeda lantaran terlihat perbedaan detail yang mendasar.

Didalamnya, terdapat salah satu fotonya yakni ialah foto daging panggang, foto tersebut ternyata berasal dari salah satu portal di Inggris. Dimana foto tersebut pertama kali diunggah pada tahun 2014.

Sedangkan foto pelengkap kedua selanjutnya ialah foto Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta yang sedang berkunjung ke Ponorogo untuk menjadi juru kampanye pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2013 dari PDIP Bambang D.H. dan Said Abdullah.

Dua foto itulah yang kemudian digabungkan seolah-olah Jokowi sedang makan sate di depan babi panggang.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela ...