Home > Ragam Berita > Ekonomi > Bank Dunia Akui Telah Banyak Perubahan Terjadi di Indonesia

Bank Dunia Akui Telah Banyak Perubahan Terjadi di Indonesia

Jakarta – Selasa kemarin, World Bank atau Bank Dunia resmi mengeluarkan laporan tahunan Doing Business 2018 yang bertajuk ‘Reforming to Create Jobs’ di Washington DC.

Bank Dunia Akui Telah Banyak Perubahan Terjadi di Indonesia

Sekedar informasi, laporan ini berisi indikator pencapaian sektor pemerintah dalam memperbaiki regulasi iklim usaha dan investasi di berbagai negara.

Dalam laporan tersebut Indonesia naik 19 peringkat dengan bertengger di posisi ke-72 dalamg bidang kemudahan berusaha. Indonesia masih berada diatas banyak negara maju seperti Afrika Selatan (82), India (100), Filipina (113), dan Brasil (125).

World Bank mengakui bahwa Indonesia setidaknya telah melakukan perbaikan pada tujuh indikator yaitu, simplifikasi pendaftaran usaha baru, perbaikan akses atas listrik, efisiensi biaya pengurusan izin properti usaha, transparansi data kredit, penguatan perlindungan terhadap investor minoritas, perbaikan akses kredit usaha melalui pendirian credit bureau, dan serta perkembangan perizinan berbasis elektronik untuk perdagangan internasional.

Dengan adanya pencapaian tersebut, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan mengatakan bahwa “Pencapaian ini merupakan pengakuan dunia terhadap perbaikan yang sedang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Peningkatan kepercayaan pihak eksternal, termasuk investor dan lembaga pemeringkat, terhadap potensi perekonomian Indonesia, menjadi modal penting bagi pemerintah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat,”

“Selain itu, Kementerian Keuangan juga akan terus melakukan reformasi perpajakan yang lebih ramah terhadap dunia usaha untuk menstimulus aktivitas perekonomian di dalam negeri.” pungkasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jack Ma dan Melinda Gates Dijadwalkan Hadir di Pertemuan Tahunan IMF – World Bank di Bali

Jack Ma dan Melinda Gates Dijadwalkan Hadir di Pertemuan Tahunan IMF – World Bank di Bali

Nusa Dua – Pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Nusa Dua, ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135