Home > Ragam Berita > Nasional > Bareskrim Tegaskan Ada 32 Akun Medsos Sebar Meme Setya Novanto

Bareskrim Tegaskan Ada 32 Akun Medsos Sebar Meme Setya Novanto

Jakarta – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap Dyan Kemala Arrizzqi karena menyebarkan meme Ketua DPR RI Setya Novanto.

Bareskrim Tegaskan Ada 32 Akun Medsos Sebar Meme Setya Novanto

Dyan dilaporkan oleh pria bernama Yudha Pandu atas dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik melalui media sosial terhadap Novanto.

Ternyata, tak hanya Dyan yang dilaporkan. Setidaknya ada 32 akun media sosial, termasuk Dyan, yang dilaporkan karena mengunggah meme serupa. “Ada beberapa lagi akun yang dilaporkan, sekitar tiga puluh-an,” ujar Kepala Subdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Asep Safrudin kepada Kompas.com, Jumat (3/11/2017).

Sebanyak 32 akun tersebut terdiri dari 15 akun Twitter, 9 akun Instagram dan 8 akun Facebook. Penyidik, kata Asep, terus mendalami konten-konten yang diunggah akun-akun tersebut. Namun, dari puluhan akun yang dilaporkan, hanya ada beberapa yang kontennya terdeteksi.

“Dari 32 akun yang ke-detect ada sembilan kalau tidak salah,” kata Asep.

Dyan ditangkap di rumahnya di kawasan Tangerang pada Selasa (31/10/2017) sekitar pukul 22.00. Namun, keesokan harinya Dyan dilepas pihak kepolisian.

Baca juga: Sandiaga Jelaskan Ada Faktor Lain yang Bikin Pasar Tanah Abang Semrawut

Di akunnya Instagram @dazzlingdyann, Dyan mengunggah meme wajah Novanto saat mengenakan masker alat bantu tidur (continuous positive airway pressure) di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta.

Dyan kini telah berstatus tersangka dan dijerat pasal 27 ayat 3 Undang-undang No. 11 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Meme tentang Novanto sebelumnya beredar di media sosial pascaputusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang membebaskan Novanto dari penetapan tersangka oleh KPK. Novanto sempat terjerat kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Pedagang Ini Mengadu Ke Anies Karena Tak Diizinkan Jualan di Trotoar

Jakarta – Mengaku bernama Ridwan, seorang yang berprofesi sebagai pedagang ini mengadu kepada Anies Baswedan ...