Home > Ragam Berita > Nasional > dr Farhat Suryaningrat Desak Pemerintah Membuat UU Perlindungan Untuk Dokter

dr Farhat Suryaningrat Desak Pemerintah Membuat UU Perlindungan Untuk Dokter

Bangkalan – Ketua pengurus IDI Cabang Bangkalan, dr Farhat Surya Ningrat, SpKK menyampaikan bahwa aksi puluhan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bangkalan, Madura, Jawa Timur, merupakan aksi solidaritas dan keprihatinan atas kejadian kekerasan terhadap salah seorang dokter di RSUD Sampang.

dr Farhat Suryaningrat Desak Pemerintah Membuat UU Perlindungan Untuk Dokter

Farhat melanjutkan bahwa aksi yang dilakukan pada Sabtu (4/11/2017) tersebut, sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas dengan harapan dimasa yang akan datang kejadian serupa tidak sampai terjadi kepada profesi seorang dokter yang sedang menjalankan tugas. Dalam aksi tersebut, turut dilakukan penandatangan petisi diatas kain putih.

“Dalam penandatangan petisi yang dilakukan oleh seluruh anggota IDI Cabang Bangkalan ini juga mendorong pemerintah untuk membuat UU yang melindungi profesi dokter dan tenaga medis,” ungkapnya.

Menurut Farhat, IDI Bangkalan berharap kedepannya sudah tidak ada lagi tindakan kekerasan terhadap profesi dokter dan tenaga medis yang menjalan tugas profesinya, tugas profesi dokter tugas yang mulia karena ikhtiarnya adalah ikhtiar usaha seuai SOP.

“Jika tidak ada kepuasan tidak boleh main hakim sendiri dan kami sangat menyayangkan kejadian di RSUD Sampang dan masalah proses hukum kami serahkan ke IDI wilayah,” ujarnya.

Terlebih lagi, lanjut Farhat, apabila ada keluarga pasien yang merasa tidak puas dengan pelayanan dokter agar mengikuti prosedur yang telah berlaku. Diantaranya, bisa melalui majelis etik atau melaporkan ke rumas sakit setempat, pendekatan secara hukum melalui penegak hukum dan bisa pendekatan mediasi yakni tidak sampai main hakim sendiri.

“Semoga di Bangkalan tidak sampai ada kejadian serupa seperti di RSUD Sampang dan kami akan terus membangun kominasi dengan sejumlah pihak terkait seperti tokoh masyarakat dan stek holder pengambil kebijakan,” pungkasnya

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Terkait Aksi Bela Palestina, Wiranto Tegaskan Bakal Beri Dukungan kepada MUI

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah mendukung rencana Aksi Bela ...