Home > Ragam Berita > Internasional > Heboh Bersih-Bersih Kerajaan Arab Saudi, 4 Menteri dan 11 Pangeran Ditangkap

Heboh Bersih-Bersih Kerajaan Arab Saudi, 4 Menteri dan 11 Pangeran Ditangkap

Jakarta – Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu (4/11/2017) lalu melakukan ‘bersih-bersih’ dengan menangkap 4 orang menteri dan 11 pangeran.

Heboh Bersih-Bersih Kerajaan Arab Saudi, 4 Menteri dan 11 Pangeran Ditangkap

Penangkapan dilakukan oleh Komite Anti Korupsi Arab Saudi. Namun belum ada keterangan soal kasus apa dan siapa saja yang ditangkap.

Media Al Arabiya melaporkan, penangkapan dilakukan diduga terkait dengan kasus banjir di Jeddah pada 2009 lalu dan penyebaran virus Mers yang mewabah pada 2012.

Komite Anti Korupsi Arab Saudi dikepalai langsung oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dan terdiri dari Ketua Komisi Pemantauan dan Investigasi, Ketua Otorita Anti Korupsi Nasional, Kepala Biro Audit Umum, Jaksa Agung, dan Kepala Keamanan Negara.

Sebelumnya, Raja Salman telah mengeluarkan dekrit pembentukan komite tersebut yang mempunyai hak untuk melakukan investigasi, menangkap, mengeluarkan larangan perjalanan, membekukan akun dan portofolio, hingga melacak dana dan aset dari tiap individu yang terlibat dalam kasus korupsi.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman sendiri sudah dianggap sebagai penguasa Arab Saudi secara de facto meski Raja Salman belum melakukan serah terima kekuasaan secara resmi. Mohammed bin Salman telah memegang kekuasaan atas pertahanan dan ekonomi Arab Saudi.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Aksi Bela Palestina Akan Digelar di Monas dan Depan Kedubes AS Besok

Aksi Bela Palestina Akan Digelar di Monas dan Depan Kedubes AS Besok

Jakarta – Sejumlah elemen masyarakat dan ormas Islam akan berkumpul di kawasan Monumen Nasional (Monas) ...