Home > Ragam Berita > Internasional > Facebook, Nike, Apple, Ternyata Juga Masuk Dalam Dokumen Surga

Facebook, Nike, Apple, Ternyata Juga Masuk Dalam Dokumen Surga

London – Sebanyak 13,4 juta dokumen bocor terkait pajak dan kini berada di surat kabar Jerman, Suddeutsche Zeitung, yang pada tahun lalu juga pernah menerima Panama Papers.

Facebook, Nike, Apple, Ternyata Juga Masuk Dalam Dokumen Surga

Dilansir dari The Guardian, Minggu (5/11/2017), dokumen yang bernama Paradise Papers atau ” Dokumen Surga” ini berisi ratusan nama tokoh-tokoh penting dunia, perusahaan, atlet, selebriti, hingga konglomerat yang menginvestasikan kekayaannya dan berhubungan dengan firma hukum di 10 wilayah yuridiksi, dengan nama “Appleby” dan “Estera”.

Wilayah-wilayah tersebut seperti Antigua dan Barbuda, Aruba, Bahama, Barbados, Bermuda, Kepulauan Cayman, Kepulauan Cook, Dominika, Grenada, Labuan, Lebanon, Malta, Kepulauan Marshall, St Kitts dan Nevis, St Lucia, St Vincent, Samoa, Trinidad dan Tobago, dan Vanuatu.

Mereka menginvestasikan dananya ke wilayah tersebut dengan pajak yang sangat rendah, bahkan tanpa pajak, dan akan sangat sulit menggali informasi terkait identitas dari orang-orang tersebut.

Namun, data Appleby periode 1993 hingga 2014 yang berisi 120.000 nama orang dan perusahaan yang tercatat menjadi klien, bocor.

Dari ratusan ribu nama klien tersebut, yang paling banyak berasal dari Amerika Serikat, mencapai 30.000 nama orang dan perusahaan.

Beberapa nama besar yang tercatat di antaranya raksasa media sosial Facebook, Apple, dan Nike.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

Aziz Syamsuddin : Penunjukan Ketua DPR Tidak Harus Melalui Rapat Pleno

Ditunjuk Sebagai Ketua DPR Gantikan Setya Novanto, Aziz Syamsuddin Segera Dilantik

Jakarta – Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsuddin disebut akan segera dilantik sebagai Ketua DPR ...