Home > Teknologi > Kontes Mobil Hemat Energi Bakal Digelar di ITS

Kontes Mobil Hemat Energi Bakal Digelar di ITS

Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali menjadi tuan rumah Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017. Ajang berskala nasional yang diikuti 77 tim dari 43 perguruan tinggi se-Indonesia ini, resmi dibuka di Sirkuit Kenpark Surabaya, Rabu kemarin.

Kontes Mobil Hemat Energi Bakal Digelar di ITS

Didin Wahidin selaku Direktur Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti berkata saat pembukaan acara bahwa “Harapannya kualitas otomotif Indonesia semakin maju dan lebih baik. Sehingga ke depannya, Indonesia mampu bersaing di internasional,”

Sedangkan Fahmi Mubarok selaku Ketua Pelaksana KMHE 2017 memiliki penilaian bahwa partisipasi tim Indonesia dalam ajang Shell Eco-Marathon (SEM) tiap tahunnya semakin sedikit. Sehingga, lewat KMHE ini diharapkan partisipasi tim dari universitas di Indonesia pada ajang SEM bisa semakin banyak, berkualitas dan menang di tingkat internasional.

“Sedangkan Prototype lebih kepada kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan aspek aerodinamika untuk keperluan lomba,” kata Fahmi.

Fahmi menambahkan, kedua kategori tersebut nantinya dibagi lagi berdasarkan kelas bahan bakarnya, yaitu Internal Combustion Engine, listrik, serta hybrid. Dalam perlombaan ini, tim dengan penggunaan energi paling sedikit atau hemat akan menjadi juara di setiap kategori kendaraan dan kelas bahan bakar.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Presiden Turki : Palestina Adalah Korban, Israel Adalah Teroris

Presiden Turki : Palestina Adalah Korban, Israel Adalah Teroris

Jakarta – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya di kota Sivas pada Minggu (10/12/2017) ...