Home > Ragam Berita > Nasional > Inilah Alasan Penyandraan Ribuan Warga Tembagapura

Inilah Alasan Penyandraan Ribuan Warga Tembagapura

Tembagapura – Sebanyak 1.300 Warga Desa Binti dan Desa Kimbley, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, telah disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Penyanderaan itu dilakukan oleh KKB terhadap 1300 warga sejak empat hari yang lalu.

Inilah Alasan Penyandraan Ribuan Warga Tembagapura

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto menilai motif para pelaku diduga karena dari faktor ekonomi. Info yang didapat olehnya, jika di dua desa itu para KKB ini melakukan kegiatan mendulang emas.

“KKB ini sudah mendapatkan dalam tanda petik nilai ekonomi dari situ dengan menguasai daerah itu. Bisa jadi motif ekonomi, tapi masih didalami karena belum ada komunikasi yang intens. Tapi bisa saja ada motif lain,” kata Setyo di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017).

Setyo menyebut, anggota kelompok tersebut yang bersenjata lengkap hanya berjumlah 20 sampai 25. Namun Polri yang bekerjasama dengan TNI akan tetap menurunkan Satgas Terpadu yang jumlah personelnya bisa ratusan orang.

Meski Kapolri Jendral Tito Karnavian sudah menyebut jika KKB ini bagian dari salah satu kelompok bersenjata di Papua. Namun dirinya belum bisa menyebut kelompok bersenjata itu karena masih sedang didalami.

Baca juga: Golkar Imbau Setya Novanto Hargai Proses Hukum

Terkait senjata yang dimiliki oleh KKB, Setyo menjelaskan, kemungkinan ada senjata rakitan atau senjata buatan pabrik yang diselundupkan.

“Kalau senjata rakitan, pasti mereka buatan lokal atau suplai dari deket sana. Tapi kalau senjata pabrikan, pasti senjata selundupan yang masuk secara ilegal,” jelasnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Habib Rizieq Dipastikan Absen di Aksi Bela Palestina

Habib Rizieq Dipastikan Absen di Aksi Bela Palestina

Jakarta – Ormas Front Pembela Islam (FPI) dipastikan akan menghadiri aksi bela Palestina yang akan ...