Home > Ragam Berita > Nasional > Beredar Kabar Hoaks Terkait Kapal Tiongkok Ke Pulau Reklamasi

Beredar Kabar Hoaks Terkait Kapal Tiongkok Ke Pulau Reklamasi

Jakarta – Panasnya isu anti-Tionghoa yang terjadi karena pilgub DKI Jakarta sepertinya masih menjadi bahan utama para penggoreng berita hoaks.

Beredar Kabar Hoaks Terkait Kapal Tiongkok Ke Pulau Reklamasi

Seperti yang telah beberapa kali viral lantaran berita hoaxnya adalah blog liputan-harian-berita.blogspot.com.

Blog yang dikemas persis seperti salah satu web warta berita ternama itu memang seringkali membuat artikel clickbait, terlebih lagi mengenai isu reklamasi.

Dan yang kali ini viral ialah berita mengenai Kapal Perang Cina Mulai Berdatangan ke Pulau Reklamasi (di-posting 27 Oktober 2017).

Tak ketinggalan pula artikel lainnya seperti Ratusan Kapal Cina Mulai Berdatangan ke Pulau Indonesia, Cina Akan Serang Indonesia dalam Waktu Dekat (di-posting 28 Oktober 2017) dan Presiden Cina Perintahkan Militernya untuk Habibi Indonesia (di-posting 27 Oktober 2017, mungkin maksud kata Habibi adalah Habisi).

Sebenarnya artikel tersebut hanyalah tipuan dimana para pembuat artikel-artikel itu, sengaja membidik netizen tipe sumbu pendek yang tak mau membaca berita secara utuh dan hanya terpacu pada judul.

Sayangnya, mereka juga mengunggah foto yang menggambarkan deretan kapal perang sedang berlayar. Namun setelah ditelusuri via Google Image, ternyata foto tersebut merupakan armada Angkatan Laut Jepang.
Foto diambil ketika ada kegiatan kemaritiman di Jepang pada Oktober 2015.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Anies Realisasikan Janji Kampanye Lewat Raperda Reklamasi

Anies Realisasikan Janji Kampanye Lewat Raperda Reklamasi

Jakarta – Belum lama ini, Anies Baswedan telah mencabut usulan dua rancangan peraturan daerah terkait ...