Home > Ragam Berita > Internasional > Korsel-China Berharap Akhiri Ketegangan dengan Korut secara Damai

Korsel-China Berharap Akhiri Ketegangan dengan Korut secara Damai

Seoul – Para pemimpin Korea Selatan (Korsel) dan China pada Sabtu (11/11/2017) sepakat bahwa situasi keamanan di Semenanjung Korea yang melibatkan Korea Utara (Korut) perlu dikelola melalui cara yang stabil dan damai, demikian keterangan Kantor Kepresidenan Korsel.

Korsel-China Berharap Akhiri Ketegangan dengan Korut secara Damai

Kim Jong Un

Kedua pemimpin juga setuju untuk menangani ketegangan yang terkait dengan Korea Utara secara damai. Kesamaan pandangan itu muncul dalam pertemuan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden China Xi Jinping di sela-sela pelaksanaan pertemuan puncak negara-negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Danang, Vietnam.

Untuk itu, China dan Korsel akan memperkuat pembicaraan strategis di semua tingkat, kata juru bicara kepresidenan Korsel Yoon Young-chan kepada para wartawan di Danang.

Sebagaimana diberitakan Xinhua pada Minggu (12/11/2017), Xi mengatakan kepada Moon bahwa ia mendorong Korsel untuk melanjutkan dialog dengan Korea Utara dan bersatu untuk mencapai rekonsiliasi serta denuklirisasi.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat bulan lalu ketika pemimpin Korut Kim Jon Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbalas ancaman bernada perang serta saling mencaci terkait nuklir dan program pengembangan peluru kendali Korea Utara.

Baca juga: Saad Hariri Bakal Kembali ke Lebanon Dalam Waktu Dekat

China telah didesak, baik oleh Korsel maupun AS, untuk menjalankan peranan lebih aktif dalam upaya mengekang nuklir dan ambisi rudal Korut. Beijing mengatakan pihaknya mematuhi sanksi-sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa dan sedang melakukan segala upaya untuk mengendalikan tindakan-tindakan provokatif Korea Utara.

Selama pertemuan puncak APEC pada Sabtu, Moon dan Xi juga setuju untuk segera menjalankan kembali pertukaran bilateral di semua bidang, tambah Yoon. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ribuan Orang Demo Dengan Menuduh PM Israel Korupsi

Ribuan Orang Demo Dengan Menuduh PM Israel Korupsi

Tel Aviv – Di tengah kontroversi klaim terkait Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel yang disebutkan ...