Home > Ragam Berita > Internasional > Cina Berangkatkan Pejabat Tingginya ke Korut

Cina Berangkatkan Pejabat Tingginya ke Korut

Beijing – Pemerintah Cina mengatakan pejabat tingginya akan diutus ke Korea Utara pada Jumat (17/11/2017). Direktur Departemen Hubungan Internasional Partai Komunis Cina, Song Tao, akan melaporkan ke Pyongyang tentang hasil Kongres Nasional Partai Komunis Cina yang diadakan pertengahan Oktober lalu.

Cina Berangkatkan Pejabat Tingginya ke Korut

Sebagaimana diberitakan Reuters pada Rabu (15/11/2017), tidak jelas berapa lama Song akan berada di Pyongyang. Sebelumnya, Song sudah mengunjungi Vietnam dan Laos untuk melaporkan hal serupa. Hal ini menjadi tradisi Cina kepada negara komunis lainnya untuk menjelaskan hasil Kongres Partai Komunis Cina.

Kantor berita Korea Utara, KCNA membenarkan tentang rencana kunjungan utusan khusus Cina. KCNA menekankan kunjungan itu segera terjadi.

Departemen yang dipimpin Song bertanggung jawab atas hubungan partai dengan partai politik asing, dan secara tradisional berfungsi sebagai saluran untuk diplomasi Cina dengan Korea Utara.

Seorang pejabat departemen mengatakan bulan lalu bahwa Partai Komunis Cina terus mengadakan pembicaraan dan mempertahankan kontak dengan mitranya dari Korea Utara, yang menggambarkan persahabatan kedua negara tersebut penting untuk stabilitas regional.

Song akan menjadi pejabat Cina tingkat menteri pertama yang mengunjungi Korea Utara sejak Oktober 2015 ketika anggota Komite Politbiro Liu Yunshan bertemu dengan pemimpin Kim Jong-un. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Raja Salman Dukung Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina

Raja Salman Dukung Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina

Riyadh – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menegaskan kembali dukungannya terkait status ...