Home > Ragam Berita > Internasional > Militer Zimbabwe Bakal Kudeta Presiden Robert Mugabe Lakukan Pembersihan Partai Zanu-PF

Militer Zimbabwe Bakal Kudeta Presiden Robert Mugabe Lakukan Pembersihan Partai Zanu-PF

Harare – Ancaman yang dilontarkan militer Zimbabwe bahwa mereka akan “bertindak” jika Presiden Robert Mugabe terus melakukan pembersihan di Partai Zanu-PF mulai direalisasikan.

Militer Zimbabwe Bakal Kudeta Presiden Robert Mugabe Lakukan Pembersihan Partai Zanu-PF

Presiden Robert Mugabe

Ibu kota Zimbabwe, Harare, mencekam setelah diberitakan empat tank militer sedang bergerak menuju ke kota tersebut, Selasa (14/11/2017) waktu setempat.

Sebagaimana diberitakan The Independent pada Rabu (15/11/2017), sejumlah saksi mata juga mengatakan bahwa jalan-jalan di Harare telah diblokir oleh kendaraan militer. Media lokal Zimbabwe melaporkan bahwa kudeta militer disinyalir sedang berlangsung.

Indikasinya, televisi pemerintah, ZBC, telah dikuasai pasukan dari angkatan bersenjata Zimbabwe. Akun Twitter jurnalis bernama Thomas van Linge mengabadikan momen adanya konvoi kendaraan lapis baja yang dilakukan pihak militer.

Belum ada kepastian atau verifikasi apa yang sebenarnya sedang dilakukan oleh tank itu di siang bolong. Tentara yang ditanya menolak memberikan komentar mengenai apa yang sedang terjadi.

Sementara itu, akun Twitter Zanu-PF membantah bahwa sedang terjadi krisis politik di negeri mereka. “Terima kasih atas perhatian Anda. Tidak ada kudeta di Zimbabwe. Silakan lanjutkan hidup Anda dan hadapi masalah Anda sendiri.”

Kicauan ini dibuat Zanu-PF sebagai tanggapan atas tweet dari Linge. Yang pasti, persitiwa ini hanya berselang sehari setelah Panglima Angkatan Militer Zimbabwe, Jenderal Constantino Chiwenga mendesak agar Mugabe menghentikan pembersihan di internal kabinet maupun partai yang dipimpinnya, Zanu-PF.

Adapun pembersihan ini telah mendepak mantan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa dari jabatannya pekan lalu. Diduga pencopotan Mnangagwa adalah untuk memuluskan langkah istri Mugabe, Grace Mugabe untuk menggantikan Mugabe yang telah berusia 93 tahun. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kim Jong Un Diisukan Singkirkan Jendral Hwang Pyong So

Kim Jong Un Diisukan Singkirkan Jendral Hwang Pyong So

Pyongyang – Salah satu pembantu dekat pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tak terlihat publik ...