Home > Ragam Berita > Nasional > Anies Akhirnya Jelaskan Cara Penyediaan Rumah DP Rp Nol

Anies Akhirnya Jelaskan Cara Penyediaan Rumah DP Rp Nol

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan tiga skema yang akan ditempuh dalam penyediaan rumah DP 0 rupiah dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta. Paripurna itu sebagai tanggapan gubernur atas pandangan fraksi-fraksi terhadap pidato RAPBD 2018 beberapa waktu lalu.

Anies Akhirnya Jelaskan Cara Penyediaan Rumah DP Rp Nol

“Pertama, pembangunan Rusun baru dengan APBD di atas lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” kata Anies dalam pidatonya, Senin (20/11).

Kedua, kata dia, pembangunan rumah DP 0 rupiah akan melibatkan pihak swasta dalam pembangunan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di atas lahan milik Pemprov DKI. Ketiga, akan melibatkan BUMD/BUMN dalam penyediaan rumah yang proporsinya tergantung pada lokasi lahan.

“Secara rata-rata 70 persen diperuntukkan bagi komersil dan 30 persen diperuntukkan bagi MBR. Di samping itu, saat ini sedang disiapkan kelembagaan dan mekanisme penyelenggaraan DP 0 rupiah yang di dalamnya termasuk mengatur tentang asuransi kredit,” ujar dia.

Baca juga: Jokowi Tanggapi Surat Permintaan Perlindungan Setya Novanto

Menurutnya, sasaran program rumah DP 0 rupiah diprioritaskan bagi warga DKI yang belum memiliki rumah serta memenuhi kriteria kepemilikan rumah susun sederhana milik (rusunami). Anies mengatakan, implementasi program DP 0 rupiah didasarkan pada Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/16/PBI/2016 tanggal 29 Oktober 2016 tentang Loan to Value (LTV) atas KPR dan DP Kendaraan Bermotor.

Pada Pasal 17 Peraturan BI itu, kata dia, telah diatur pengecualian terkait pemenuhan terhadap rasio Loan to Value untuk pembiayaan Program Perumahan Pemerintahan Pusat dan/atau Pemerintah Daerah. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Din Syamsuddin Sarankan Ada Gerakan Internasional Untuk Boikot Produk Israel

Din Syamsuddin Sarankan Ada Gerakan Internasional Untuk Boikot Produk Israel

Jakarta – Din Syamsuddin selaku Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan ...