Home > Ragam Berita > Nasional > Maksimal 15 Orang, Anies Diminta Ubah Pergub Dulu Jika Ingin Angkat 74 Anggota TGUPP

Maksimal 15 Orang, Anies Diminta Ubah Pergub Dulu Jika Ingin Angkat 74 Anggota TGUPP

Jakarta – Rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengangkat 74 orang untuk bergabung di dalam Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) mendapat sorotan dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono.

Maksimal 15 Orang, Anies Diminta Ubah Pergub Dulu Jika Ingin Angkat 74 Anggota TGUPP

Menurut Sumarsono, bila Anies memang hendak mengangkat 74 orang anggota TGUPP maka ia harus terlebih dahulu mengubah Peraturan Gubernur (Pergub) No 411 Tentang Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Dalam Pergub tersebut tercantum bahwa jumlah maksimal anggota TGUPP hanya 15 orang. Sedangkan Anies ingin mengangkat 60 orang anggota dan 14 ketua dalam TGUPP.

“Pasal 7 Pergub 411 huruf C menyebut maksimum 15 orang, sehingga enggak boleh lebih dari 15. Tapi kalau mau lebih dari 15, Pak Anies harus mengubah Pergub 411 dulu sesuai dengan angkanya maksimum menjadi 74,” ujar Sumarsono, Rabu (22/11/2017).

Pemilihan dan pengangkatan anggota TGUPP merupakan hak dari gubernur yang biasanya diisi oleh orang-orang yang memenuhi syarat dan ahli di bidangnya.

“Yang menilai siapa yang layak dan tidak layak adalah gubernur itu sendiri karena dia tahu mana yang kira-kira bisa memahami visi dan misi seorang gubernur dan dianggap cocok. Tapi sebelumnya memenuhi syarat tertentu misalnya pendidikan atau keahliannya apa,” ujar Sumarsono.

Seperti diketahui, rencana Anies untuk mengangkat 74 orang anggota TGUPP mendapatkan sorotan dari masyarakat. Selain jumlahnya yang dinilai terlalu banyak, anggaran untuk gaji mereka yang sebesar Rp 28 miliar dirasa berlebihan.
(samsul arifin – harianindo.com)

x

Check Also

KPK Lakukan Pemeriksaan Terkait Kasus Suap Jasa Marga

KPK Lakukan Pemeriksaan Terkait Kasus Suap Jasa Marga

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami substansi terkait proses dan mekanisme audit atau Pemeriksaan ...